Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Monday, September 24, 2018

Mengenalkan Blog Pada Pemuda-Pemudi NU

Untuk yang ketiga kalinya Gwe diundang sebagai narasumber materi kepenulisan. Kali ini untuk mengisi kegiatan “Ngaji Jurnalistik dan Blog” alias “Ngajurblog” yang diadakan oleh PC IPPNU Kendal. Pada kesempatan pertama dan kedua, yang mengundang Gwe adalah Forum Mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi Undip, dan kontennya lebih ke penulisan buku. Rada dadakan permintaan jadi narasumber acara kali ini karena nggak nyampe seminggu dikasih tahunya.
.
Awalnya, beberapa minggu sebelum pak Rudi, aktivis NU yang Gwe kenal saat acara menginap di Pulau Tiban, Patebon Kendal memang pernah ngontek meminta Gwe jadi narasumber acara di Kendal, tapi belum jelas materinya apa dan kapannya. Lalu beberapa waktu kemudian mas Jamal, pemilik Warnet Panda yang pernah berjaya pas awal kemunculan internet sekitar tahun 2000an, ngontek Gwe tentang adanya acara Ngajurblog. Ternyata mas Jamal dan pak Rudy dalam komunitas yang sama. Yaudah Gwe sanggupin meskipun agak kaget karena harinya udah deket.
.
Selain Gwe yang akan jadi narasumber adalah adik kelas SMA Gwe sekaligus Suhu Blog AdSense, Heri TL. Selanjutnya Gwe dihantarkan untuk berkomunikasi dengan salah satu panitia, yaitu mba Nirma untuk lebih tahu detil acara. Dari situ gambaran acara yang Gwe dapet adalah, Gwe akan mengenalkan tentang apa itu Blog, sedangkan pak Heri akan membahas mengenai peluang blog dengan penghasilan melalui AdSense.
.
Kegiatan dilaksanakan pada Minggu, 2 September 2018. Lokasi di SMK Az Zahro, Pegandon. Walaupun belum pernah ke sana, setidaknya Gwe dikasi ancer-ancer oleh panitia. Dari rundown, acara sebenarnya berlangsung dari pagi, dimulai materi jurnalistik oleh narasumber wartawan, dilanjut materi tentang hukum, lalu slot untuk Gwe dan pak Heri TL isi adalah setelah makan siang.
.
Pas nyampe sana, Gwe nggak langsung ketemu mba Nirma. Nunggu dulu dengan panitia lain. Gwe baru tahu ternyata narasumber kedua belum hadir. Awalnya panitia bilang kalau Gwe aja yang isi materi dulu, namun karena pasangan Gwe, Pak Heri TL juga belum dateng, dan gak lama kemudian narasumber kedua udah dateng, akhirnya Gwe pun ngalah.
.
Pas ketemu mba Nirma, Gwe malah diajak menemui pimpinan SMK Az Zahro sekaligus pondok, yaitu Gus Albab. Di sana rupanya sudah ada tamu lain, yang kemudian Gwe kenal sebagai narasumber pertama yang ngisi materi jurnalistik. Ternyata dia adalah wartawan Radar Semarang yang bertugas di Biro Kendal, namanya mas Budi Setiawan. Kita bertiga agak lama ngobrol, bahkan sekalian makan siang di tempat. Gwe pikir gak papa lah ngisi waktu sembari narasumber dua tampil.
.
Nggak lama kemudian ada yang ngabari kalau pak Heri TL udah dateng. Jadilah Gwe buru-buru beres-beres, kemudian pamitan sama Gus Albab dan mas Budi. Sampai di ruang tunggu Gwe sempet sedikit chit chat ama pak Heri, tapi nggak lama karena ada panggilan masuk untuk mengisi acara di sana.
.
Gwe lihat peserta masih-masih muda, umurannya sekitar anak SMA sampai dengan kuliah. Kebanyakan putri, yang merupakan anggota IPPNU, dan yang putra ada beberapa dari perwakilan IPNU. Gwe pun mengawali memberi materi perkenalan Blog. Gwe menjabarkan dari powerpoint yang udah Gwe siapkan. Nggak lama sih, mungkin lima belas menitan. Lalu materi selanjutnya adalah dari pak Heri yang menjabarkan materi lebih lama. Kemudian acara dilanjutkan sesi tanya jawab. Sejumlah peserta cukup terpancing dan bertanya tentang peluang ekonomi yang bisa didapatkan dari blog. Beberapa yang lain sudah pernah ngeblog, tapi belum bisa konsisten. Meskipun terlihat lelah, karena mungkin sudah seharian mendapat materi, mereka cukup antusias. Acara pun ditutup dengan sesi foto bersama.
.
Meskipun di sini peran Gwe adalah sebagai narasumber, Gwe juga mendapat pengetahuan baru. Jadi sedikit mengenal tentang organisasi pemuda-pemudi NU, Gus yang membina mereka, dan juga kenalan baru wartawan. Gwe termasuk yang percaya, berbagi hal yang positif dan silaturahmi akan membawa akibat yang baik pada kita. Entah untuk saat ini atau masa yang akan datang.
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.