Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Thursday, November 15, 2018

Cerita Fantasi

Beberapa genre dari tulisan fiksi atau cerita rekaan diantaranya adalah: romance, komedi, thriller, eksyen, sejarah dan juga fantasi. Cerita fantasi umumnya mengandung hal-hal yang di luar nalar atau sebenarnya tidak ada di dunia nyata. Baik itu secara fisik maupun konsep. Namun cerita fantasi tidak harus benar-benar berbeda, bisa sebagian unsurnya saja yang merupakan hasil rekaan.
.
Untuk itu, penulis atau pengarang cerita fantasi harus memiliki imajinasi yang luar biasa. Dia bisa menciptakan dunia sendiri. Baik secara geografis, yaitu tata surya, kondisi alam dan lingkungan. Lalu makhluk hidup, ras, bahasa, budaya, sejarah, jenis dan sistem pertukaran mata uang, konsep waktu, dan lain sebagainya. Seringkali cerita fantasi terkait dengan mitos, legenda, dongeng, sihir dan kekuatan supranatural.
.
Beberapa cerita fantasi yang cukup dikenal adalah serial Harry Potter, Narnia, Divergent dan lain sebagainya. Cerita fantasi juga dapat digabung atau dicampur dengan genre lain, semisal romance fantasi. Salah contoh judul yang terkenal dari sub genre ini adalah: serial twilight. Di Indonesia ada juga cerita fantasi, seperti serial Supernova karya Dewi Lestari dan novel “Selestia dan Penjara Teka-teki” karya saya.
.
Untuk format atau media, cerita fantasi bisa berupa novel, komik Superhero, manga dan anime jepang, film maupun video games. Meski tidak umum, cerita jenis ini memiliki penggemar khusus dan basis massa tersendiri, bahkan fanatik. Tak jarang ada yang sampai mengkoleksi pernak-pernik cerita fantasi, seperti misalnya tongkat sihir berbagai karakter dalam serial Harry Potter, action figure robot Gundam, dan lain sebagainya. Bahkan saking kesengsemnya dengan cerita fantasi, saya pun sebagai penulis membuat novel fantasi.
.
Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah suka cerita fantasi juga? Judul apa yang paling Anda suka? Silakan tulis pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.
.
Tulisan juga bisa dibaca di:
http://www.flawlessfantasy.net/2018/11/cerita-fantasi.html
.
Sumber:
https://blog.ruangguru.com/pengertian-dan-unsur-teks-cerita-fantasi
http://materi4belajar.blogspot.com/2017/02/pengertian-ciri-ciri-struktur-dan.html
https://id.lifeder.com/cerita-fantasi/
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.