Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Thursday, January 5, 2012

REVIEW 2011 & RESOLUSI 2012

image from http://azahar.files.wordpress.com
Kalau mau memakai penanggalan suku maya, tahun kalender terakhir jatuh pada tahun 2011. Namun karena ada sistem kalender lain, yaitu Masehi maka kehidupan belum berakhir, masih ada tahun 2012. Nah, ada baiknya dengan pergantian tahun ini Gwe me-review apa yang udah terjadi di tahun 2011 dan membuat resolusi untuk tahun 2012.

Mengapa untuk tahun 2011 Gwe sebut Review bukannya prestasi? Ya karena yang mau Gwe ceritakan adalah poin-poin penting yang terjadi, baik itu prestasi, peristiwa, atau apapun yang berarti bagi Gwe. Sedangkan Resolusi 2012, tentunya adalah suatu harapan, suatu doa, suatu rencana yang ingin Gwe capai atau dapatkan di tahun ini. Meskipun pada akhirnya tidak atau belum terwujud, setidaknya Gwe punya suatu tujuan yang Gwe harap bisa diupayakan. Thats it, here we go...

Review 2011
1.    Menerbitkan buku ke-3: Boedjang Lapoek Mentjari Tjinta (BLMT)
Setelah dinanti-nanti, buku ke-3 Gwe akhirnya terbit di bulan Februari 2011. Dijual di Gramedia se-Jakarta, Bogor, Depok & Bekasi. Hasil Resolusi 2011. Baca lebih lengkap tulisan tentang hal ini di sini.

2.    Mendapatkan album Ditho Brachmantio sebagai soundtrack BLMT
Bekerjasama dengan mas Doyok, yang merupakan guru keyboard Gwe di Jakarta yang sekaligus Road Manager artis jazz remaja, Ditho Brachmantio, maka buku Boedjang Lapoek Mentjari Tjinta (BLMT) bisa disandingkan dengan album lagu Ditho Brachmantio sebagai soundtrack-nya. Baca lebih lengkap tulisan tentang hal ini di sini.


3.    Alih Tugas ke Semarang
Setelah proses selama satu setengah tahun lebih, dari lesan sampai administratif, maka pada bulan Februari 2011, keluar Surat Keputusan (SK) Alih Tugas Gwe dari Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal, Kementerian Perhubungan di Jakarta ke Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kementerian Perhubungan di Semarang. Jabatan Gwe yang awalnya adalah Penyusun Naskah Publikasi di Sub Bidang Media Massa, beralih penjadi Pengelola Berita Website & Media Internal di Unit Teknologi Informatika (TI). Kerjaan mengenai berita masih mirip, administrasi/kesekretariatan juga mirip, bedanya area tidak seluas dulu, dan ada tugas yang berkaitan dengan teknologi informasi. Baik hardware maupun jaringan. Lalu di Jakarta masi ngurusin Pengadaan Barang & Jasa, sedang di Semarang tahun 2011 tidak. Belum tahu untuk tahun 2012. Dengan perpindahan atau alih tugas ini maka tentunya Gwe harus beradaptasi, baik soal lingkungan kerjanya, pekerjaannya sendiri, maupun kegiatan di luar jam kerja. Satu lagi hasil Resolusi 2011.

4.    Perjalanan Dinas
Konsekuensi dari alih tugas dari kantor pusat ke upt di daerah, tentunya berimbas pada area kerja. Kalau di kantor pusat area kerja gwe sampai seluruh Indonesia, kalau di daerah tidak seluas itu. Juga frekuensi kegiatannya juga. Untuk perjalanan dinas, di tahun 2011 semasa masih di Jakarta, Gwe sempet liputan Kereta Ekonomi AC ke Puwokerto-Purworejo-Jogja. Setelah di Semarang, Gwe sempet dinas ke Jogja juga dua kali, trus satu ke Sumowono/Bandungan (ga begitu jauh dari Semarang).

5.    Punya Vocal Effect, Graphic Tablet, & SONY Handycam with Exmor (Dark shot)
Hasil Resolusi 2011, selain yang handycam, belum dimanfaatin sih, tapi seengaknya udah punya dulu ;)

6.    Bikin naskah buku FL Studio 10
Hasil Resolusi 2011 juga. Sebenernya udah siap cetak, versi revisi dari naskah FL Studio 9 yang Gwe bikin tahun 2010, karena permintaan update salah satu penerbit, yang tadinya pengin nerbitin tapi nggak jadi karena pertimbangan ongkos produksi karena ada penyertaan CD lagu. Hingga sekarang belum ada penerbit yang menerbitkan buku ini, ya karena Gwe belum nawar-nawarin lagi sih. Anyone interested?

7.    Merilis album lagu/musik digital: FLS: 2nd BAsyiK
Masih hasil Resolusi 2011, namun masih berupa instrumen lagu saja/jingle, belum ada vocalnya. Baca lebih lengkap tulisan tentang hal ini di sini.

8.    Lebih Mendalami Keyboard
Dengan kepindahan kerja Gwe dari Jakarta ke Semarang bukan berarti memutuskan keinginan Gwe untuk mendalami keyboard. Gwe tetep les/kursus keyboard, tentunya dengan pindah sekolah, yang awalnya dari Sincere Musik, salah satu franchise Sekolah Musik Yamaha di daerah Bungur Besar, Jakarta Pusat ke Stanwood musik, masih satu franchise Sekolah Musik Yamaha di daerah Peterongan, Semarang pada Mei 2011.
Alasan Gwe belajar musik udah dijelasin secara panjang lebar di tulisan Recaps 2010 & Resolusi 2011. Silakan di baca di sini untuk lebih jelasnya. Nah, di tahun 2011 ini Gwe lebih perdalam lagi skill bermain Keyboard.
Tahun 2010, selama setahun sewaktu masih di Jakarta Gwe belajar keyboard sama mas Doyok di Sincere Musik, Gwe belajar dari buku Keyboard Basic, dan dapat teori-teori musik juga dari mas Doyok. Selain itu Gwe juga browsing di internet, salah satunya di forum Kaskus. Menggabungkan dua sumber informasi itu Gwe jadi tahu kalau Chord keyboard/piano itu ada rumusnya. Nah, di tahun 2011 ini, rumus-rumus itu Gwe pelajari lebih dalam lagi, dihapal, dan kembangin ilmunya. Kalau tahun 2010 baru concern ke teori Major, Minor, dan sedikit Diminished, maka di tahun 2011 ilmu Major & Minor lebih banyak Gwe praktekkin biar lebih gape maennya, dan tetep perdalam teorinya. Selain itu, untuk tahun 2011 sekolah musik Yamaha mulai pake kurikulum baru dengan buku baru. Dengan pelajaran dari buku baru itu Gwe mulai concern dengan chord 7 (atau Dominant 7). Teori pembentukkan chord lainnya juga dipelajari, tapi belum begitu mendalam, kayak: Suspended, Augmented, dll.
Buku Keyboard 1 kurikulum baru udah mulai Gwe cicipin di Jakarta, tapi baru beberapa halaman, trus lanjut di Semarang, lewat bimbingan miss Sheila di Stanwood. Pada bulan Agustus ato September gwe aga lupa, adalah waktunya ujian Buku 1, dan Alhamdulillah hasilnya baik, meskipun Gwe agak salah-salah dikit gitu pas ujiannya. Setelah itu tentunya lanjut ke Buku 2, yang masih Gwe pelajarin sampe sekarang.
Total ada 3 buku untuk kelas Keyboard. Gwe berharap  di tahun 2012 ini Gwe bisa ngelarin Buku 3. Tapi setelah kelar Gwe nggak yakin bakal langsung jago maen Keyboard karena masih banyak banget teori musik maupun skill keyboard yang belum ada di ke-3 buku ini. Tapi ya setidaknya udah layak lah buat manggung di RT, hehe.. Kalau kata mas Doyok dulu, setelah buku 3, yang belajarnya makai PSR-900/PSR-910, maka pelajaran keyboard akan dilanjutkan dengan Piano Digital Classinova. Jadi belajarnya naik jadi belajar piano gitu. Kalau nggak salah miss Sheila juga bilang gitu.

9.    Bikin video cerita & video blog untuk Youtube
Hasil Resolusi 2011 juga. Di sini bisa dianggap Film, tapi kalau video clip musik/lagu belum. Jadi di tahun 2011 setelah pindah tugas ke Semarang, di waktu senggang, Gwe ama temen-temen bikin video cerita serial Boedjang Lapoek Mentjari Tjinta. Sampai saat ini udah dapet Episode 01, Episode 02, dan Episode Spesial 01. Lalu Gwe juga bikin Video Blog 01, Video Blog 02, Video Blog 03. Selain itu Gwe juga ngedit video dokumenter dari siswa/i SMAN 1 Kendal yang diikutsertakan dalam lomba sekolah dalam rangka Perayaan Ultah Emas (ke-50) SMAN 1 Kendal (Jadi juara 1 lho), dan merekam konser Vierra di Perayaan Ultah Emas (ke-50) SMAN 1 Kendal untuk lagu Rasa Ini dan Bersamamu.

10.    Nyari pandangan usaha, eksperimen bikin kerupuk Ikan Salem & Ikan Bandeng
Meskipun udah dapet kerjaan rutin, Gwe pengin punya penghasilan tambahan. Penginnya sih suatu usaha yang berkelanjutan, yang bisa tetep dipegang untuk jangka waktu yang lama. Ada 2 (dua) ide awalnya: pertama bikin warnet, yang kedua bikin usaha jajanan khas daerah. Kalau yang pertama, harus punya modal yang lumayan banyak (bagi Gwe) dan Gwe gak yakin akan bertahan dalam waktu yang lama. Untuk yang kedua butuh perhatian banyak, dan Gwe harus menemukan makanan khas apa dari Kendal yang bias Gwe angkat. Apakah jajanan yang udah ada, atau menciptakan sendiri.
Sebagai bagian dari upaya implementasi dari rencana usaha yang kedua, Gwe pun bereksperimen bikin kerupuk Ikan Salem & Ikan Bandeng. Yang Salem warnanya cokelat tua, hasilnya agak keras dan terlalu asin, namun bau khas ikannya lebih kerasa. Yang ikan bandeng, warnanya lebih cerah (kuning), lebih empuk, dan rasanya mirip emping, namun bikinnya lebih susah dari salem, karena harus ngilangin durinya.
Setelah itung-itungan ekonomis, Gwe belum ngerasa bikin kerupuk ikan-ikan ini bisa ngasilin untung yang bagus. Jadi Gwe belum mutusin pengin bikin usaha apa. Mudah-mudahan tahun 2012 bisa dapet.

11.    Belajar Vocal
Tahun 2010 Gwe sempet les vocal di Musicasa, Jakarta. Di sana Gwe diajari dasar bernyanyi & teknik vocal yang lebih ke arah orchestra. Tapi itu nggak lama, cuman beberapa bulan aja, karena Gwe ngerasa kurang bakat di nyanyi. Di tahun 2011, setelah pindah ke Semarang, Gwe pengin belajar vocal lagi. Gwe tau klo vocal Gwe pada dasarnya emang nggak berbakat untuk jadi penyanyi, tapi Gwe punya alasan khusus, yaitu Gwe pengin jadi pencipta lagu & komposer. Untuk bisa bikin lagu yang oke, maka Gwe ngerasa harus bisa atau setidaknya tahu cara menyanyikan lagu yang Gwe ciptain, meskipun nantinya orang laen yang ngebawain. Jadi setidaknya Gwe pengin bisa nyanyi dengan benar. Sampai sekarang Gwe masih les di Purnomo Musik dengan pak Yono, atau yang lebih dikenal sebagai babeh.

12.    Belajar Home Recording Program: Pro-Tools
Hasil Resolusi 2011. Akhirnya Gwe bisa belajar soal recording, mixing, balancing, mastering dengan program Pro-Tools lewat mas Alex Aditya di Sekolah Musik Purnomo Semarang. Walau sayangnya belum ada karya yang Gwe hasilkan sendiri dengan program ini. Ada sih satu single lagu yang Gwe ciptain sama Welly tahun 2010 lalu, tapi di tahun 2011 yang aransemen mas Alex dengan Pro-Tools.

13.    Rekaman Lagu/Single: Havn’t Luv U, Nyet!
Lagu: Havn’t Luv U, Nyet! yang Gwe ciptain bareng Welly di tahun 2010 ini dimaksudkan sebagai original soundtrack untuk buku Boedjang Lapoek Mentjari Tjinta (BLMT), mendampingi album Ditho Brachmantio. Sebenernya secara musik udah bisa dibilang kelar, namun untuk vocal-nya Gwe masih belum sreg. Masih pengin Gwe edit lebih bagus lagi. Mudah-mudahan bisa Gwe rilis pada tahun 2012, baik secara single/standalone, atau bisa juga Gwe sertain sebagai bonus track untuk album lagu/musik Gwe: FLS: 3rd BAsyiK & More.

14.    Catatan-catatan lain
Selain hal-hal yang menyenangkan atau karya, ada hal-hal lain yang terjadi di tahun 2011 yang bisa dicatat, diantaranya adalah:
-    Untuk pertama kalinya di usia dewasa, Gwe masuk rumah sakit karena gejala Demam Berdarah
-    Gwe jadi lebih tahu kondisi bokap dan kesulitan nyokap
-    Berusaha beradaptasi dengan keadaan dan perubahan.

Ada beberapa hal dari Resolusi 2011 yang akhirnya belum Gwe dapetin kayak: punya Roland JUNO Stage dan Casio Mini Keyboard. Semoga keinginan atau barang terwujud itu bisa terakomodir di tahun 2012. So, dilanjut...

Resolusi 2012
Dari hasil review itu bisa dibilang tahun 2011 adalah 2nd musical year, youtube video maker & adaptation. Resolusi untuk tahun 2012 yang utama untuk Gwe adalah: memiliki Rekening-rekening Gwendut, hehe.. Masih abstrak ya? Tentunya akan ada upaya-upaya khusus untuk mencapai hal itu. Nah, berikut ada sejumlah target, selain rekening gendut yang ingin Gwe capai di tahun 2012:

1.    Memantapkan skill keyboard
2.    Punya Casio Mini Keyboard atau Akai/Micro Korg
3.    Memantapkan skill musik digital: FL Studio & Pro Tools
4.    Nyari pandangan usaha: jualan musik digital (More on Single/Songs)
5.    Rilis album lagu/musik digital: FLS: 3rd BAsyiK & More
6.    More on Video Youtube
7.    Nyari pandangan usaha: sektor riil
8.    Kuliah S2 Bahasa Inggris dengan beasiswa
9.    Finding a Girl to be Married
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.