Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Monday, January 16, 2012

Di Mana dan Dengan Siapa Gwe Belajar Musik? (Fase 1)

Intro:
Biar nggak terlalu panjang, Gwe pecah tulisan ini jadi 3 bagian, yang Gwe sebut Fase. Fase 1: Jaman Sekolah & Kuliah; Fase 2: Saat Kerja di Jakarta; dan Fase 3: Saat Kerja di Semarang Sampai Sekarang. So, here it goes..



Fase 1: Jaman Sekolah & Kuliah

Apakah Gwe udah piawai maen musik?

Gwe sendiri ngerasa belom, dan kenyataannya emang gitu. Gwe masi dalam taraf belajar di bidang musik, khususnya dengan instrument keyboard dan musik digital. Jadi tulisan ini utamanya Gwe tulis untuk lebih menyemangati Gwe dalam belajar musik, sekaligus ngasih tau buat kalian seperti apa sih background musik Gwe.

Keluarga Gwe bukanlah keluarga pemain musik. Paling hanya penikmat aja. Bokap dan nyokap Gwe (sebelum akhirnya diminta mengundurkan diri karena kerja 1 kantor) adalah karyawan sebuah bank pemerintah. Mereka berdua sama-sama nggak bisa maen instrument apapun, nyanyi atau karaoke juga enggak. Jadi wajarlah bila waktu kecil Gwe sama sekali belum tertarik untuk maen musik. Aktivitas yang bersinggungan dengan musik di keluarga Gwe pas Gwe kecil paling cuman nonton Aneka Ria Safari atau acara video klip di TVRI tiap hari minggu. Tape player ada. Selaen buat denger berita, kadang juga dipake bokap buat dengerin wayang atau gamelan, terus kadang juga lagu Indonesia yang popular saat itu. Ya, jadi keluarga Gwe hanyalah penikmat musik biasa.


Saat SMP ada pelajaran seni musik di sekolah. Itu adalah pertama kalinya Gwe maen musik. Tapi yang namanya pelajaran sekolah nggak pernah Gwe anggep serius. Yang penting ikut pelajarannya, berusaha dapat nilai sebaik mungkin. Kalau udah nggak ada pelajarannya lagi, ya bisa Gwe lupain. Belum ada efek nyatanya buat di hidup. Emang jaman itu cetek banget konsep pendidikan di mind set Gwe. Tapi bagaimana pun itu adalah awal atau sejarah yang nggak bisa lepas dari diri Gwe. Pelajaran musik pertama di kelas dua di SMPN 2 Kendal. Yang Gwe inget, selaen teori nada, kita diajarin untuk bisa maen seruling dan pianika (kalo istilahnya ga salah, yang Gwe inget wujud benda itu semacam keyboard/piano yang ditiup). Maap nama gurunya Gwe lupa. Lanjut di kelas 3 masih ada pelajaran musik juga. Gurunya seorang wanita dengan wajah oriental, lumayan cakep, mungil, tapi Gwe lupa namanya. Muup yah bu. Selain teori musik, murid-murid juga diajarin maen gitar akustik. Gwe mulai agak tertarik untuk bisa, karena saat itu gwe mulai kena virus adek Gwe yang mulai suka sama musik pop. Ada sedikit ketertarikan di hati Gwe untuk bisa jadi artis, sampai Gwe minta beliin gitar ke bokap. Gwe inget banget alat musik beneran pertama yang Gwe punya adalah Gitar Nylon Yamaha C-330 yang dibeli di Gramedia Pandanaran, Semarang (selaen keyboard maenan murahan seukuran kotak makan yang tuts-nya belom staun juga udah jebol). Yup, sebelum beli Gwe belum ngeh kalau antara gitar dengan senar nylon dan senar string itu beda. Baik bahan, maupun hasil bunyinya. Gwe agak nyesel karena ternyata gitar yang dipakai di sekolah yang senarnya string. Selaen itu Gwe mulai ngerasa Gwe nggak bakat maen gitar. Neken chord aja sakit, jadinya cuman apal chord C, D, G, dan nggak pernah bisa bikin bunyi yang bagus untuk Chord F atau B. Itu juga chord yang Gwe tahu sampai sekarang, ditambah E dan Am. Dengan konsep yang cetek soal pendidikan, Gwe santai aja dengan berakhirnya pelajaran musik di kelas 3 SMP, dan gitar nylon Gwe cuman jadi pajangan, tapi Gwe nggak mau jual. Sayang, kan masih bisa Gwe genjreng asal-asalan kalo lagi bete.

Pas Gwe sekolah di  SMUN 1 Kendal, nggak ada sama sekali pelajaran musik. Waktu itu Gwe nggak kepikiran untuk les musik. Walaupun sempet tertarik untuk ikutan ekskul band di sekolahan, tapi Gwe nggak lakuin itu. Gwe cuman tertarik tapi nggak berbuat apa-apa. Sempet juga liat temen-temen latian band di rumah salah satu temen yang punya studio pribadi, namanya Aul. Sayangnya sekarang Aul nggak ngembangin bakat+kemampuan musiknya meskipun punya fasilitas. Katanya alat-alat musiknya udah dikasihin ke saudaranya.

Gwe mulai kepikiran belajar musik pas kuliah Universitas Negeri Semarang (Unnes). Untuk ngisi waktu aja, selaen hobi laen Gwe seperti bikin puisi atau belajar komputer & bidang teknologi informasi laennya. Waktu itu Gwe mikir kayaknya kurang bakat di gitar, tapi lumayan ada potensi di alat musik semacam keyboard. Sewaktu Gwe maen ke Sekolah Musik Purnomo, Semarang, kelas Keyboard lagi full murid. Jadi untuk ngobatin kekecewaan Gwe, Gwe ikutan kelas gitar Akustik. Guru gitar akustik Gwe namanya pak Amir. Gwe udah ngebayangin kita bakal langsung genjrang-genjreng kayak band di TV, tapi ternyata nggak. Belajar musik di sekolah musik itu ternyata dari basic. Kita mulai belajar dari hal kecil seperti petikan gitar. Gwe agak kurang sreg, tapi karena mungkin itu tahapan yang harus dilalui ya akhirnya Gwe jalananin.

Sayangnya Gwe nggak lama belajar gitar akustik. Karena ngerasa nggak bakat, dan jam kosong untuk kelas Keyboard udah ada, maka Gwe keluar dari les gitar, lalu ganti belajar Keyboard. Selaen itu karena Gwe pengin fokus salah satu instrument musik aja, dan juga karena duit yang terbatas. Guru keyboard Gwe namanya pak iik. Dia suka berpakaian rapi dan berkacamata. Kelas Gwe bukan privat, jadi ada beberapa murid dalam satu kelas. Masing-masing pegang keyboard satu. Purnomo makenya Keyboard merek Technic dari Jepang. Saban pertemuan, Pak iik ngajarin teori dan ngasih contoh, trus minta kita latian, untuk nantinya dimaenin. Waktu itu di rumah masih ada keyboard punya adek Gwe, kalo nggak salah Yamaha yang tipenya PSR-2100. Jadi Gwe bisa latihan di rumah juga. Tapi setelah keyboard itu dijual Gwe nggak bisa belajar lagi, paling Gwe latian di tempat les kalau abis jam Gwe masih kosong. Lambat laun, karena nggak ada keyboard Gwe ngerasa keteteran. Gwe juga mulai keteteran dengan tugas kuliah, kemudian akhirnya mutusin buat berhenti les keyboard. Buku basic/sempet abis, dan hasil ujian Gwe lumayan oke. Sebenernya udah masuk juga ke buku 1, sayang juga sih karna harus stop, tapi mau gimana lagi.

Selain belajar secara formal lewat kursus atau les di sekolah musik, Gwe juga belajar bagaimana menciptakan musik digital secara otodidak. Alhamdulillah Allah memberikan Gwe kemampuan untuk mudah mempelajari bidang komputer. Jadi pas jaman kuliah sewaktu masih seneng-senengnya utak-atik komputer dan segala macam software-nya Gwe mulai mengenal program untuk bikin musik digital. Jaman itu rental CD masih ada, jadi dengan biaya yang murah bisa menikmati berbagai program komputer. Kalau sekarang yang kayak gitu bisa di-razia polisi, tapi sebaliknya banyak software yang dengan mudah dapat didownload di internet. Baik yang gratis maupun bajakan yang ada crack/patch-nya.

Dulu ada beberapa tempat rental CD di Semarang, salah satunya Metro CD. Di Metro CD itu Gwe nemu beberapa macam software musik digital maupun recording/mixing seperti: e-Jay Musik, FruityLoops, Cakewalk, dsb. Yang paling praktis tentu saja e-Jay, karena isinya semacam loop atau potongan beat lagu. Tinggal disusun, gabung-gabungin jadi lagu yang enak. Tapi e-Jay ada kelemahannya juga, yaitu karena kita hanya menyusun lagu yang udah ada, jadi kita nggak bener-bener nyiptain musik baru. Hanya semacam maen tempel dan bikin urutan aja. Kita sama sekali nggak bisa ngubah nadanya. Sementara Cakewalk adalah semacam program komposisi lagu yang Gwe kurang begitu ngerti cara makainya.

Nah, apa yang Gwe idamkan ada di software FruityLoops, yang sekarang udah ganti nama jadi FL Studio, biar nggak berkesan gay maupun dituntut sama perusahaan apa gitu, Gwe lupa gara-gara masalah nama merek yang mirip. FruityLoops yang pertama kali Gwe kenal adalah FruityLoops 2. Sebuah program dengan sample sound sederhana, tapi kita bisa ngubah nadanya, turunin atau tinggiin. FruityLoops berkembang begitu pesat, hingga akhirnya kini menjadi Digital Audio Workstation, yang artinya kita bisa menciptakan sebuah lagu digital modern dengan software ini. Bahkan termasuk input vokal juga. Mengenai FruityLoops atau FL Studio akan Gwe bahas secara tersendiri di tulisan lain.

Petualangan Gwe dengan FruityLoops nggak berlangsung lama. Selain karena kesibukkan tugas kuliah, juga Gwe milih untuk fokus hobi bikin tulisan fiksi (cerpen/novel), puisi, maen computer, maen game, nonton rekaman video film, dan lain-lain. Maka Gwe pun memasuki masa istirahat yang panjang, baik dalam hal belajar istrumen konvensional maupun program musik digital.

Bersambung ke Fase ke-2….

Bonus:
Berikut adalah link download dari album musik digital pertama Gwe yang dibuat dengan FL Studio: yozar.remixer's FLS B-AsyiK:

http://www.4shared.com/file/251894767/b7d4dead/yozarremixer_-_FLS_BasyiK.html
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.