Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Wednesday, January 18, 2012

Di Mana dan Dengan Siapa Gwe Belajar Musik? (Fase 2)

Ini adalah tulisan sambungan dari Fase 1..


Fase 2: Saat Kerja di Jakarta


Pada masa istirahat itu, dari jaman kuliah sampe mulai kerja tetap di Jakarta, hobi kreatif yang Gwe jalanin adalah nulis fiksi. Sampai Gwe nulis blog ini, ada 3 buku yang udah terbit. Hanya saja Gwe ngerasa kurang berhasil di dunia penerbitan (but don’t worry, suatu ketika Gwe bakal come back buat bikin buku fiksi lagi). Karena itu mulai ada keinginan untuk kembali mempelajari musik, sampe-sampe waktu itu Gwe mulai beli berbagai macam peralatan musik, seperti: keyboard controller, audio interface (eksternal soundcard untuk computer), gitar listrik, amply, gitar efek dan vocal efek. Bahkan Gwe les DJ (Disc Jockey) segala, meskipun nggak sampai kelar, karna kurang ngerasa bakat di situ. Untung waktu itu ada cukup duit buat hobi gila Gwe ini.

Keinginan untuk bisa maen musik nggak akan terwujud kalau dibiarkan diam sebagai sebuah keinginan belaka. Maka mulai awal tahun 2010 Gwe mulai les Keyboard di Sekolah Musik Sincere, salah satu Franchise Yamaha di daerah Bungur Besar, Jakarta Pusat. Yang ngajar Gwe namanya mas Doyok. Karena dulu Gwe pernah belajar keyboard maka Gwe ceritain aja basic Gwe. Biarpun begitu, mas Doyok ngewajibin Gwe untuk belajar ulang dari dasar. Apalagi instrument keyboard yang dipake beda (khusunya mereknya, itu mempengaruhi pemrogramannya). Dulu Technics sekarang Yamaha. Jadi Gwe mulai belajar dari dasar lagi, tapi karena udah pernah belajar, jadi agak cepet nangkepnya. Untuk menunjang belajar keyboard itu, maka Gwe beli keyboard yang serupa dengan di tempat les, tapi versi yang sedikit lebih baru. Masih satu turunan tipe. Kalau di tempat les: Yamaha PSR-900 kalau punya Gwe: Yamaha PSR-910s.


Hal yang cukup mengejutkan setelah kenal dan ngobrol ama mas Doyok adalah gwe jadi tahu kalau dia juga make FL Studio. Mas Doyok pake FLS untuk mixing dan memperkaya warna lagu, untuk melengkapi program Digital Audio Workstation (DAW) lain seperti Nuendo atau Cubase. Selain ngajar, dia juga ada proyek-proyek pribadi garapin lagu/musik orang atau ilustrasi musik untuk drama atau hal lain. Jadi mas Doyok lebih suka jadi produser lagu atau musik director. Kalau untuk skill maen keyboard/piano dia udah oke lah, cuman dia kurang begitu suka tampil sebagai player. Mas Doyok lebih suka berada di belakang layar. Satu proyek terbesarnya saat Gwe masih les ama dia adalah, mas Doyok ikut ngegarap album-nya Ditho Brachmantio. Ditho ini adalah seorang remaja yang mengusung musik jazz. Jadi dia nggak milih genre Melayu yang popular saat itu untuk debut-nya. Kata mas Doyok, lagu Ditho sempet masuk dalam Top Ten Chart lagu di radio-radio Jakarta kayak Hard Rock FM, dll, dan beberapa kali manggung. Gwe sempet nonton performnya Ditho di f(X) Mall Jakarta. Waktu itu kebetulan Gwe mo produksi buku ke-3 Gwe, yaitu Boedjang Lapoek Mentjari Tjinta (BLMT), maka Gwe ajak mas Doyok untuk kerjasama ngejadiin lagu Ditho sebagai soundtrack BLMT. Mas Doyok setuju aja, tapi dia kudu minta ijin papanya Ditho dulu, dan Alhamdulillah boleh. Maka kalau kalian beli buku BLMT, ada iklan album lagunya Ditho di halaman terakhir. Sebagai timbal baliknya Gwe dapet free CD yang bisa Gwe jadiin kuis ke pembaca.

Selaen mulai belajar keyboard, Gwe mutusin untuk belajar vocal sekalian. Bukannya kemaruk sih, tapi orientasi Gwe mulai berubah. Gwe mungkin nggak akan jadi artis atau player yang tampil di panggung musik, tapi Gwe pengin jadi composer (pembuat lagu) atau produser musik aja. Karena itu, selaen kudu bisa maen musik, Gwe juga pengin ngasih tahu cara nyanyiin lagu yang Gwe ciptain ke orang yang pengin Gwe bikinin lagunya. Malu dong kalau pembuat lagunya, suaranya fales pas ngasih contoh. Nah, gwe belajar vocal itu di Musicasa, letaknya di kawasan Duta Merlin, Jakarta Pusat. Yang ngajar Gwe dari Indonesia Timur, namanya Rosa, biasa dipanggil Ocha. Di situ Gwe diajarin teknik vokal. Pas latiannya nada, suara dipasin ama piano. Teknis banget deh. Kayaknya di sini belajar vokal lebih diarahkan untuk sebagai semacam penyanyi opera. Gwe pun nggak bertahan lama belajar di sini, selaen karena kurang pede dengan kualitas vocal Gwe yang kayaknya gitu-gitu doang, juga karena mulai sibuk urusan kantor.

Seiring belajar keyboard & vocal, Gwe mulai deket lagi ama FL Studio. Saat itu yang dirilis adalah versi 9. FL Studio 9 itu udah keren banget. Nggak sekedar buat bikin musik elektronik sederhana aja  yang bunyinya cuman tulat-tulit, tapi udah bisa kayak lagu beneran yang biasa didenger orang di radio atau TV, khususnya untuk jenis musik remix. Orang bisa bikin lagu yang mudah dengan Digital Audio Workstation satu ini. Nggak sekedar bikin musiknya, tapi juga ngerekam vocal, ngasih efek dan mixing musiknya. Top abis deh. Ngiler ama kemampuan luar biasa program ini, gwe pun mulai belajar secara otodidak. Gwe mulai beli buku-buku soal FL Studio, donlot tutorial di internet, baca informasi di forum internet, sampai beli CD plugin dan tutorial dari orang di internet. Bahkan Gwe udah mulai bikin naskah buku soal program ini, yang lebih ke pengenalan, bukan teknik ekspert. Iye, Gwe tahu kalau sampai sekarang pun belum pro banget di FL Studio, jadi Gwe berani bikin buku itu lebih kepada berbagi ilmu yang Gwe pelajari, dan Gwe akan terus perdalam program yang keren ini. Sampai sekarang naskah itu belum terbit. Anyone interested? ;)

Di tahun 2010 ini Gwe mulai proses untuk alih tugas dari Jakarta ke Semarang. Alasan utamanya adalah karena kesehatan bokap. Walaupun akhirnya pindah, Gwe masih pengin ngelanjutin belajar musik. Baik untuk dapet ilmu maupun manfaat ekonomi suatu ketika nanti.

Bersambung ke Fase 3...

Bonus:
Berikut adalah video clip dari lagu: Servaria yang Gwe bikin dengan software FL Studio:

URL Youtube = http://www.youtube.com/watch?v=6hMnY8lUeUo
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.