Monday, January 9, 2012

Kenapa @Poconggg Bisa Terkenal?

Dia bukan @Poconggg, rambutnya yang di-Pocong
Sebelum kalian pada protes, iye Gwe tahu bahasan tentang @Poconggg rame-nya pas tahun 2011 kemaren, tapi bukan berarti udah kadaluarsa, masih hangat-hangat tahi sapi lah. Filmnya aja baru keluar November 2011 lalu, pas akhir bulan lagi.

Gwe nulis ini karena suatu kegalauan keprihatinan, karena pas Gwe Googling kok belum ada yang ngebahas soal kenapa @Poconggg bisa terkenal banget. Adanya paling kehebohan siapa orang dibalik akun @Poconggg, yang sayangnya ternyata bukan seorang cewek manis. Oke, sebenernya ini ilmu yang mahal, tapi anggep aja ini hadiah istimewa karena kalian berhasil nemuin blog Gwe yang nggak belum begitu terkenal ini. So, its free guys and gals!

-->
Di sini Gwe akan coba untuk membongkar kesuksesan akun twitter @Poconggg dengan suatu penelaahan analisis yang canggih (tentunya dengan berbagai teori ilmiah ciptaan Gwe sendiri). Bagaimana bisa sebuah akun twitter yang nggak Following akun twitter orang sama sekali alias nol Following bisa terkenal, yang hingga detik Gwe nulis postingan ini mencapai 1.710.391 Followers. Padahal sebelumnya dia bukan artis, politisi, ataupun punya jambul khatulistiwa. Sungguh fenomenal!


Menurut teori ciptaan Gwe (sebut saja sebagai: Teori Kepopuleran Yozar), seseorang atau sesuatu bisa terkenal karena sebab-sebab berikut:
1.    Kualitas Bahan Baku
2.    Publisitas / Publikasi
3.    Keberuntungan/Takdir

Mari kita coba uraikan satu per satu dengan penerapannya pada studi kasus akun @Poconggg ini:
1. @Poconggg memiliki Kualitas Bahan Baku yang cukup handal atau punya daya jual. Sejumlah faktor pendukungnya adalah:
  • Nama akun twitter @Poconggg saja sudah unik. Pocong atau Pocongan dalam budaya masyarakat Indonesia dikenal sebagai makhluk halus yang menyeramkan. Kepopulerannya jelas tak perlu dipertanyakan. Banyak film horor yang tayang di bioskop memunculkan sosok Pocong. Nah, bagaimana sesosok pocong punya akun twitter, yang notabene adalah produk moderen? Itu saja udah gokil.
  • Misterius. Sosok dibalik akun twitter tersebut dijaga kerahasiannya. Jadi, seolah-olah memang dia adalah pocong beneran (walaupun pada akhirnya sebelum film yang diangkat yang dari bukunya: @Poconggg Juga Pocong, identitasnya terungkap, yaitu Arief Muhammad).
  • Gokil. Meskipun @Poconggg adalah juga Pocong, bukan manusia atau kucing, dia memiliki sifat-sifat yang manusiawi. Beda banget dengan stigma karakter kebanyakan yang seram dan ngagetin. Pocong satu ini malah gokil, kadang bego, dan jomblo. Itu bisa dilihat dari kata/kalimat yang dia munculkan di timeline/linimasa akun twitternya.
  • Komunikatif. Adanya komunikasi atau hubungan timbal-balik antara @Poconggg dengan Followers-nya. Orang cenderung senang memperhatikan dan juga diperhatikan. Asyik banget kan bila kita menyapa seseorang yang kita perhatikan trus dia ngebales.
  • Bebas. Masih ada kaitannya dengan hubungan timbal balik. @Poconggg bukan politisi, bukan tokoh agama, bukan pula artis yang suka jaim, jadi orang bebas mau ngata-ngatain apa ke dia, menghina, mencerca, dan sebaliknya pula @Poconggg bebas melakukan hal itu ke Followers-nya. Manusia pada dasarnya memang barbar, but No heart feeling here.

2. Bakso yang enak, mobil ESEMKA yang layak pakai, maupun cewek yang manis, apabila tanpa Publisitas / Publikasi, seperti gula jawa tanpa gula. Jaman dulu, sebelum internet muncul dan populer di negeri ini, orang melakukan publisitas/publikasi lewat brosur, spanduk, poster, kemudian iklan di radio dan televisi, maupun yang lebih tradisional lagi, yaitu gethok-tular atau gosip dari mulut ke mulut. Kemudian hadirnya kebudayaan internet memunculkan fenomena baru, yaitu sosial media. Wujudnya bisa Maling List (Milis), FaceBook, Twitter, Blog (kayak Blogspot, Wordpress), Forum Diskusi (kayak Kaskus, Indowebster) dan Video Blog (seperti Youtube). Kemudian baru-baru ini ada smartphone BlackBerry dengan Broadcast Message-nya yang kadang-kadang informatif, namun kadang juga nyebelin karena cuman nyebarin hoax belaka. Orang kini bisa memanfaatkan berbagai macam media publikasi elektronik ini.

Tapi apa yang ada di internet beda dengan di dunia nyata. Jadi, walaupun dekat dengan kita, internet itu sepertinya maya, namun nyata. Ibaratnya kata Mahadewa, band baru bikinannya Ahmad Dhani: Cinta itu Buta, Kalau tidak Buta bukan Cinta. Jadi sering kita susah membedakan apakah yang ada di internet itu beneran atau engga. Pernah kan tahun 2011 kemarin ada seorang pria yang menikahi gadis yang ditemukannya lewat FaceBook, ternyata gadis itu aslinya Laki-laki!

Di dunia yang sudah semakin pragmatis ini, antara cerita rekaan dan kenyataan itu beda tipis, samar, bahkan mungkin selembut sutra. Gwe nggak bermaksud nuduh ada sebuah tim sukses di balik kesuksesan @Poconggg yang membuat suatu rekayasa publik. No offense yah. Namun, publikasi yang terjadi di internet, gwe rasa bukanlah suatu kebetulan belaka. Apakah suatu kebetulan kalau pemilik akun twitter @Poconggg yang aslinya bernama Arief Muhammad kenal dengan Raditya Dika, penulis yang sebelumnya sudah terkenal duluan di internet, termasuk twitter? Apakah suatu kebetulan kalau Arief juga kenal dengan orang-orang penerbit GagasMedia, seperti Alit dan Benakribo yang punya banyak akses ke media cetak, termasuk diantaranya majalah remaja? Apakah suatu kebetulan juga kalau banyak blog, forum diskusi, maupun trending topic di twitter yang membahas soal @Poconggg?

Kesuksesan Publisitas / Publikasi juga akan semakin terdukung bila Timing atau waktunya tepat. Selalu mengamati tren, melihat kecenderungan orang, memberikan perhatian timbal-balik,

3.  Setelah memiliki Bahan Baku yang oke, serta Publikasi yang gencar dan cantik, seseorang belum tentu bisa terkenal kalau belum Beruntung, atau Allah belum memberikan Takdir-Nya. Kamu kalau pengin lulus ujian selain belajar, berdoa. Kamu kalau nggak mau ditolak cewek yang kamu sukai, selain sering ngasih perhatian, juga perlu berdoa. Karena itu ber-doa itu penting. Insya Allah apa yang diinginkan akan terwujud.

Nah, itulah rahasia kenapa @Poconggg bisa terkenal dan sukses. Siapapun yang pengin terkenal bisa mencoba resep di atas, walaupun belum tentu akan berhasil. Seperti kata Gwe tadi, kalau Allah belum mengijinkan ya nggak akan jadi. Yang penting berusahalah semaksimal mungkin. Like This yow! ;)

Silakan Follow akun twitter Gwe          : @yozar_f_a
Silakan Subscribe akun Youtube Gwe: http://www.youtube.com/user/yozarremixer

1 comment:

  1. memang ketiganya kalo dipadukan menjadi benar2 dahsyat.
    blogwalking ruryclub.blogspot.com

    ReplyDelete

1 komentar:

rury said...

memang ketiganya kalo dipadukan menjadi benar2 dahsyat.
blogwalking ruryclub.blogspot.com

Post a Comment