Goodreads Indonesia Selenggarakan Workshop Festival Pembaca Indonesia 2014

Website internet tentang buku terbesar di Indonesia, Goodreads Indonesia menyelenggarakan Workshop Festival Pembaca Indonesia 2014 di Museum Nasional (Museum Gajah), Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Jakarta, Sabtu-Minggu, 6 – 7 Desember 2014


Di acara ini peserta akan bertemu dengan para praktisi yang benar-benar mengawali kesuksesan mereka dari nol. Tidak sekadar berbagi teori, lewat sebuah pelatihan kecil, mereka akan membantu peserta untuk mewujudkan ide-ide segar yang selama ini masih terkunci di laci imajinasi.

JADWAL WORKSHOP INDONESIA READERS FESTIVAL 2014

MENULIS RESENSI DARI HATI (Blogger Buku Indonesia)

Sabtu, 6 Desember 2014, Pukul 10.00-12.00 WIB, Ruang Pameran Museum Nasional (Museum Gajah) Jakarta.

Resensi merupakan media ekspresi pembaca untuk mengungkapkan segala rasa yang terbit selepas membaca sebuah buku. Gemas, cemas, sedih, haru, bahagia, kesal, ngedumal, dan segala rasa yang lain bisa dituangkan dalam sederet kalimat penilaian. Namun, menulis resensi tentu tak sekadar berisi puja-puji atau caci-maki. Komunitas Blogger Buku Indonesia (http://blogbukuindonesia.com)
, yang merupakan salah satu komunitas blogger pengulas buku terbesar di Indonesia dengan jumlah kurang lebih 245 blogger dan 269 blog buku, akan memberikan gambaran bagaimana menulis resensi yang ideal, yang lahir dari hati.
Cara pendaftaran: Kirim biodata singkat (Nama, Umur, No.Hape) via email ke workshop.irf@gmail.com dengan Subject: WS1 RESENSI

Kuota: 100 orang

CREATIVE WRITING: TULISAN YANG MENAKUTKAN (Penerbit Bukune)
Sabtu, 6 Desember 2014, Pukul 10.00-12.00 WIB, Ruang Auditorium Museum Nasional (Museum Gajah) Jakarta.
Suka membaca buku-buku horor, suspense, atau thriller? Pernah kepikiran bagaimana cara menulis adegan demi adegan yang mencekam nan mendebarkan? Yang bisa membuat pembaca terus-menerus dicekam kengerian? Kepingin bisa menuliskannya juga? Penerbit Bukune memulai satu lini novel-novel bergenre horor, seri Takut, yang ditulis oleh penulis-penulis berbakat Indonesia dengan mengambil tema keseharian yang benar-benar bisa menegakkan bulu roma! Pada workshop ini, kalian akan diajak untuk mengetahui dan mempelajari teknik penulisan kisah-kisah seram yang memacu sport jantung.
Cara pendaftaran: Kirim biodata singkat (Nama, Umur, No.Hape) via email ke workshop.irf@gmail.com dengan Subject: WS2 TAKUT
Kuota: 100 Orang

TRAVEL BLOG DAN FOTO PERJALANAN (Teddy W. Kusuma, Maesy Ang, dan Teguh Sudarisman)
Sabtu, 6 Desember 2014, Pukul 13.00-15.00 WIB, Ruang Pameran Museum Nasional (Museum Gajah) Jakarta.
Yang suka traveling? Selfie di puncak Dieng? Groufie di Bromo? Atau selfie di tangga Museum Louvre? Ayo coba tunjuk tangan! Sejak beberapa tahun terakhir, traveling menjadi salah satu tren gaya hidup yang begitu mudah menular dan menjangkiti hampir banyak kalangan. Tak sampai di situ, banyak pula yang menuangkan cerita perjalanan mereka dalam media blog atau bahkan buku. Tentu saja, kesemuanya dilengkapi dengan dokumentasi foto mulai dari yang narsis biasa saja sampai dengan yang breathtaking. Teddy W. Kusuma dan Maesy Ang, dua orang yang berkeliling dan menulis. Namun, blog mereka (http://thedustysneakers.com) menyajikan lebih dari sekadar foto-foto cantik dan ulasan tempat. Mereka berbagi cerita yang jauh lebih pribadi, koleksi refleksi personal mereka di perjalanan. akan mengajak kamu mempercantik travel blog dan foto perjalananmu. Lalu ada Teguh Sudarisman, Editor in Chief TGIF Magazine (http://tgifmag.com), yang selalu berhasil menangkap momen-moemn menakjubkan melalui lensa kamera. Ketiganya akan membagi pengalaman mereka bersamamu.
Cara pendaftaran: Kirim biodata singkat (Nama, Umur, No.Hape) via email ke workshop.irf@gmail.com dengan Subject: WS3 TRAVEL BLOG
Kuota: 100 Orang


CREATIVE WRITING: MENULIS MEMOAR YANG INSPIRATIF (Windy Ariestanty dan Sundea)
Sabtu, 6 Desember 2014 pukul 13.00 – 15.00 WIB, Ruang Auditorium Museum Nasional (Museum Gajah) Jakarta.
Punya pengalaman menarik dan inspiratif tentang perjalanan hidupmu? Atau sekadar catatan harian sederhana yang mengisi agendamu? Saatnya menyulap catatan harian sederhanamu menjadi lebih inspiratif bersama Windy Ariestanty dan Sundea. Windy Ariestanty adalah seorang penulis, editor, dan traveler yang pernah mengerjakan Memoar Ibu Robin Lim, seorang aktivis kemanusiaan yang menyediakan pengobatan gratis bagi warga Bali. Bersama dengan Sundea (penulis buku Dunia Din, Sunrise Serenade, dan Salamatahari), mereka akan berbagi tips bagaimana proses menuliskan sebuah memoar yang tak hanya sekadar catatan kehidupan, tapi yang juga menggugah rasa terdalam kita. Mulai dari pengumpulan data dan perangkat apa saja yang biasanya dibutuhkan dalam menuliskan memoar sampai dengan tersajinya bentuk utuh sebuah memoar yang inspiratif.
Cara Pendaftaran: Kirim biodata singkat (Nama, umur, No. Hape) via email ke workshop.irf@gmail.com dengan Subject: WS4 MEMOAR
Kuota: 100 orang
 


SERUNYA DONGENG DARI BUKU (Kak Ariyo – AIO Dongeng)
Minggu, 7 Desember 2014, Pukul 10.00-12.00 WIB, Ruang Pameran Museum Nasional (Museum Gajah) Jakarta.
Ada buku cerita menganggur di rumah, dan hanya sesekali dibaca kembali. Ayo, bawa bukumu dan kita latihan membacakannya dengan lantang. Menjadi pendongeng itu tidak sulit kok. Mendongeng bisa menjadi sangat menyenangkan saat kita tahu bagaimana caranya mengekspresikan dengan benar setiap bagian ceritanya. Jadi, ayo ikutan workshop ini! Ada Kak Ariyo yang nanti akan memberi tips dan trik bagaimana mendongeng yang seru. Dengan pengalaman mendongengnya yang sangat banyak, bahkan hingga tingkat internasional, di dalam workshop ini Kak Ariyo akan berbagi kemampuannya dalam menciptakan suasana yang bisa membuat pendengarnya membayangkan dan juga merasakan hal yang sama seperti dalam cerita yang sedang ia bacakan.
Cara Pendaftaran: Kirim biodata singkat (Nama, umur, No. Hape) via email ke workshop.irf@gmail.com dengan Subject: WS5 DONGENG
Kuota: 100 orang
 
CREATIVE WRITING: PENULISAN KISAH REMAJA (Lexie Xu)
Minggu, 7 Desember 2014 pukul 10.00 – 12.00 WIB, Ruang Auditorium Museum Nasional (Museum Gajah) Jakarta.

Masa remaja memang masa di mana semua warna bercampur jadi satu. Masa di mana semua pengalaman kehidupan datang berkunjung satu per satu. Mulai dari pengalaman naksir senior, rasa ingin tahu yang membuncah layaknya detektif hingga ajang ’unjuk gigi’. Sayang, kalau pengalaman penuh warna itu hanya dilewatkan begitu saja. Nah, Lexie Xu akan sharing Lexie Xu yang dikenal sebagai penulis novel-novel teenlit laris seperti Johan series (Obsesi, Pengurus MOS Harus Mati, Permainan Maut, Teror) dan Omen series (Omen, Tujuh Lukisan Horor, Misteri Organisasi Rahasia The Judges, dsb) akan membagi ilmunya bagaimana cara menuliskan kisah kisah remaja yang penuh warna itu dalam cerita yang tak melulu hanya berkisah tentang cinta monyet tapi juga kisah remaja yang menegangkan.

Cara Pendaftaran : Kirim biodata singkat (Nama, umur, No. Hape) via email ke workshop.irf@gmail.com dengan Subject WS6 KISAH REMAJA

Kuota: 100 orang

 
CREATIVE WRITING: BERMAIN KATA DENGAN TEMA KULINER (Femina)
Minggu, 7 Desember 2014, Pukul 13.00-15.00 WIB, Ruang Pameran Museum Nasional (Museum Gajah) Jakarta.

Suka makan? Suka masak? Atau suka jalan-jalan sambil mencicipi makanan segala rasa? Hidup kita dalam sehari pasti engak akan pernah lepas dari tema satu ini, kuliner. Kuliner berhubungan erat dengan sesuatu yang menyenangkan untuk dimakan. Hmm, bagaimana jadinya jika sesuatu yang menyenangkan untuk dimakan itu diramu menjadi sesuatu yang menyenangkan juga untuk ditulis? Bagaimana cara membuat makanan atau minuman itu “bercerita”? Dalam workshop ini, pakar kuliner majalah Femina dan pemenang sayembara cerpen Femina bertema kuliner, akan membantu kalian menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas. Teman-teman akan diajak bermain meramu dan memasak kata-kata menjadi tulisan bertema kuliner yang menggoda.

Cara Pendaftaran : www.femina.co.id/writers.club

Kuota: 100 orang

 
CREATIVE WRITING: PENULISAN KARAKTER KOMIK (Faza Meonk)
Minggu, 7 Desember 2014, Pukul 13.00-15.00 WIB, Ruang Auditorium Museum Nasional (Museum Gajah) Jakarta.

Siapa bilang membuat percakapan dan narasi dalam komik itu sulit? Faza Meonk, seorang komikus pencipta tokoh si Juki (@JukiHoki), akan membeberkan bagaimana cara penulisan tokoh karakter dalam komik agar lebih menarik dan mudah dimengerti. Kiprahnya dalam menciptakan kisah-kisah singkat, ringan, dan menggelitik ala dunia Juki, membuat pembacanya selalu menunggu kelanjutan kisah dan ulah tokoh yang satu ini. So, bagi kamu yang kepingin menjadi komikus yang andal dalam mencipta dan menghidupkan karakter komik, ayo ikutan!

Cara Pendaftaran : Kirim biodata singkat (Nama, umur, No. Hape) via email ke workshop.irf@gmail.com dengan Subject WS8 KOMIK

Kuota: 100 orang

 
NOTE:
1)Semua e-mail yang masuk, akan kami data terlebih dahulu dan akan kami balas dengan pemberitahuan kepastian tempat dan hal lainnya. Bagi yang sudah tidak kebagian tempat, akan masuk ke daftar tunggu dan kepastiannya akan diumumkan pada tanggal 4 Desember 2014.

2)Calon peserta workshop diwajibkan sudah berada di lokasi kurang lebih 10 menit sebelum workshop dimulai atau akan digantikan dengan peserta di daftar tunggu..

Sumber Informasi:
Harun Harahap, Moderator Goodreads Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Cara Menghubungkan Keyboard Musik dengan Komputer

Film Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno Bahasa Indonesia

Apa yang Akan Terjadi di Kamen Rider ZiO Episode 35?