Skip to main content

Kumpulan Cerpen: Makan Tuh Cinta! Bakal Terbit Lagi

Di suatu malam yang dingin dan berteman sepi… --“ Lho kok openingnya malah kayak mau bikin tulisan galau begini.. Nggak lah! Jadi ceritanya Rebo malem, 5 Januari 2012 sekitar jam 21:40 kemaren ada e-mail masuk. Karena kebetulan Gwe langganan Bebe, BlackBerry maksudnya bukan sejenis itik itu, e-mail itu langsung ter-notifikasi dan bisa Gwe baca. Tadinya Gwe kira cuman forward-an di milis atau spam, eh ternyata e-mail itu dari kang Iwok Abqary, temen nulis di Blogfam jaman dulu yang sekarang udah sukses nerbitin banyak buku, baik di Gramedia maupun penerbit laen, dan juga ada bukunya yang jadi film, King. Jadi inti dari e-mail tersebut (isi e-mail yang sama itu juga dikirim ke beberapa orang laen) adalah memberitahukan bahwa buku kumpulan cerita pendek (Kumcer): Makan Tuh Cinta! Bakal diterbitin lagi sama Penerbit Gradien!

-->
Trus, apa hubungannya ama Gwe?


Jadi buku kumcer: Makan Tuh Cinta! Tuh adalah sebuah buku yang isinya merupakan kumpulan dari sejumlah cerita pendek bertemakan cinta, baik yang gokil maupun romantis, yang dibikin oleh berbagai penulis yang menang lomba penulisan cerpen yang diadakan oleh Blogfam. Blogfam sendiri merupakan forum yang isinya orang-orang yang suka nulis khususnya cerita fiksi. Dulu sih rame, sekarang Gwe juga jarang nengok sih, masih ada apa kagak :p Nah, kebetulan ada 1 (satu) cerpen Gwe yang masuk ke dalam kumcer tersebut. Bisa dibilang itulah debut Gwe dalam berkarya sebagai penulis fiksi di sebuah buku, khususnya buku kumpulan cerpen. Tentu saja begitu denger kabar itu Gwe seneng banget. Nggak hanya karena bakal dapet honor lagi dan dapet 1 eksemplar cetakkannya, tapi juga bikin Gwe semangat lagi untuk nulis. Kang Iwok aja udah sukses banget dan ngasih semangat Gwe untuk nulis lagi, sementara Gwe selama ini masih angin-anginan walaupun mungkin ada bakat. Ibaratnya kalo kang Iwok pake High Speed dalam menulis, Gwe pake gigi 1, biar lambat asal selamat, tapi sering ketinggalan T_T Ya gak papa deh,.. Dikit-dikit dulu, bagi waktu antara kerja, belajar musik, nonton, dan Gwe akan mulai nulis lagi, mungkin awalnya dari blog dulu. Semangath!

Comments

Popular posts from this blog

Piramida Terbalik: Cara Jitu Membuat Artikel Menarik

Sebuah artikel yang baik haruslah padat dan informatif. Bukan malah bertele-tele, berputar-putar, atau malah diulang-ulang. Padahal sejak SD, kita sudah diajarkan menulis. Namun untuk bisa membuat tulisan yang terstruktur, menarik, dan enak dibaca memang ada suatu teknik khusus. Dalam dunia kewartaan teknik tersebut dikenal dengan istilah Piramida Terbalik , yang dilengkapi dengan rumus 5W+1H dalam menulis sebuah berita. Apa sih maksudnya? Tentu saja hal ini bukan mengenai suatu bangunan antik dari negeri Mesir, tetapi istilah ini untuk menggambarkan bagaimana cara kita menulis. Kalau Anda melihat piramida, bentuknya mirip dengan segitiga. Bagian atasnya adalah puncak, makin ke bawah makin lebar. Namun kalau piramida atau segitiga ini posisinya kita balik, terlihat bahwa bagian paling atas yang lebar atau luas, terus mengecil ke bawah menjadi titik runcing. Serupa dengan bentuk segitiga terbalik tersebut, suatu artikel akan lebih terstruktur apabila di bagian awal atau ...

Apakah Penghasilan dari Profesi Penulis Bisa untuk Hidup di Indonesia?

Sewaktu kuliah di program studi S1 Sastra Inggris sekitar 20 tahun lebih yang lalu, saya sempat ingin bekerja dan hidup sebagai penulis. Artinya saya berharap mendapat penghasilan yang layak dengan menjadi penulis, khususnya untuk karya fiksi. Secara konkretnya yaitu membuat novel. Saat itu iklim perbukuan cetak di Indonesia masih cukup baik. Orang masih banyak yang mau membeli buku, meskipun internet mulai menjadi budaya di masyarakat. Namun saat itu saya masih dalam fase belajar. Tak satupun naskah saya diterima penerbit mayor. Maka itulah kenapa saya akhirnya bersikap realistis dengan melamar kerja sebagai karyawan. Kesempatan naskah saya terbit akhirnya datang setelah saya bekerja sebagai karyawan. Namun dari penjualan novel/buku saya, ternyata hasilnya kurang menggembirakan. Memang ada royalti, tapi tidak terlalu banyak. Hanya sekedarnya buat jajan. Seolah bahwa penghasilan dari menulis hanyalah sambilan. Padahal pada kenyataannya, untuk menghasilkan suatu karya yang menarik, butu...

Preview Episode 08 – Kamen Rider Zeztz

Pendahuluan Serial Kamen Rider Zeztz, yang dikenal sebagai bagian dari waralaba tokusatsu Kamen Rider Series, mengusung tema “mimpi sebagai misi” di mana sang protagonis Baku Yorozu (diperankan oleh Ryutaro Imai) memasuki dunia mimpi sebagai agen rahasia untuk melawan makhluk yang disebut Nightmares. ( Kamen Rider Wiki ) Untuk Episode 08 (judul Jepang: Case8: Entertain/饗(もてな)す , Motenasu) — seperti tercatat di daftar episode resmi. ( Kamen Rider Wiki ) Dalam preview-nya, muncul sebuah lokasi baru yang menarik: sebuah restoran klasik bernama Royal Jōkin , yang telah berusia seabad, dan menjadi pusat dari konflik cerita kali ini—bercampur antara tradisi kuliner dan ancaman senjata biologis. Berikut adalah ulasan lengkap preview Episode 08: latar cerita, poin kunci konflik, karakter yang terlibat, serta beberapa spekulasi dan hal yang layak diperhatikan. 1. Latar Cerita & Konflik Utama Royal Jōkin adalah restoran yang sudah berusia sekitar satu abad – sebuah warisan kuliner yang...