Skip to main content

BALIK NULIS & NGIDUPIN BLOG

image source = http://anggap-rumahsendiri.blogspot.com
Selamat pagi wahai para peselancar dunia maya!

Tulisan kali ini masih ada hubungannya ama posting sebelumnya, secara lebih spesifik tentang implementasi dari Resolusi 2012.

Untuk diketahui, kayak seorang Presiden atau Menteri, Gwe mencanangkan tahun 2010 sebagai: musical year, yang artinya Gwe mulai mundur dari dunia nulis dan mulai belajar musik (sekedarnya sih). Kemudian tahun 2011 Gwe sebut sebagai: 2nd musical year, youtube video creator, & adaptation, yang artinya Gwe semakin mendalami soal music (walaupun belum maksimal), mulai bikin video pake handycam buat di-posting di youtube atau web video lainnya, dan beradaptasi dengan lingkungan kerja baru.

Lalu bagaimana dengan tahun 2012?
Tadinya Gwe bermaksud untuk lebih focus lagi ke dunia music, lebih mendalami keyboard dan music digital, namun ternyata sepertinya Gwe nggak bisa ninggalin dunia nulis. Terkadang Gwe kangen banget pengin bikin cerita lagi, baik cerpen maupun novel, tapi kan rasanya percuma kalo selama 2 (dua) tahun 2010 ama 2011  Gwe belajar musik, trus ditinggalin. Jadi untuk sementara ini, Gwe tetep mau focus ke music, tapi mulai nulis lagi walaupun hanya sekedar tulisan suka-suka ataupun klo mau curhat ya bisa aja di blog.

Apa karena kangen aja alasannya?

Nggak juga sih, Gwe merasa bahwa blog itu punya kekuatan yang bisa disepelekan. Udah banyak orang yang melek internet dan Blog. Blog sekarang udah bisa jadi bacaan yang dicari orang, kayak koran atau cerpen. Orang bisa dapet ilmu atau sekedar ketawa dengan membaca blog. Blog nggak hanya dibaca orang dalam negeri saja, karena sifat internet internasional. Asal orang di luar negeri bisa baca bahasa yang kita pake di blog, tentu dia juga bisa memahami blog kita. Bahkan kayaknya blog yang Gwe bikin ini (yang sebenarnya Gwe maksudin untuk dibaca orang Indonesia) lebih banyak dikunjungi orang Malaysia, mengingat yang ngisi kolom komentar bahasanya agak-agak melayu gitu. Yang lebih bikin Gwe terharu lagi adalah naiknya Page Rank blog ini di akhir tahun 2011 kemarin, yang semula Ranking 1 naik jadi Ranking 2, dan kalau diliat dari statistik laman ini udah diliat lebih dari 5.000 kali! Artinya apa? Tulisan kita di blog bisa mempengaruhi orang, baik itu senang, sedih, sebel, maupun mau beli produk yang kita jual :D Nah, inilah yang bikin Gwe semangat lagi untuk nulis.

Jadi, mulai awal tahun 2012 ini Gwe mulai memantapkan hati kembali untuk nulis blog, walaupun memang mungkin belum bisa rutin setiap hari, tapi setidaknya Gwe akan mengupayakan untuk selalu ada satu postingan per bulan (kayaknya itu udah terjadi deh tahun 2011 lalu, hehe..). So kalo boleh Gwe canangkan, tahun 2012 ini tema-nya adalah: 3rd Musical Year, Write Again, & More.

Comments

Popular posts from this blog

Piramida Terbalik: Cara Jitu Membuat Artikel Menarik

Sebuah artikel yang baik haruslah padat dan informatif. Bukan malah bertele-tele, berputar-putar, atau malah diulang-ulang. Padahal sejak SD, kita sudah diajarkan menulis. Namun untuk bisa membuat tulisan yang terstruktur, menarik, dan enak dibaca memang ada suatu teknik khusus. Dalam dunia kewartaan teknik tersebut dikenal dengan istilah Piramida Terbalik , yang dilengkapi dengan rumus 5W+1H dalam menulis sebuah berita. Apa sih maksudnya? Tentu saja hal ini bukan mengenai suatu bangunan antik dari negeri Mesir, tetapi istilah ini untuk menggambarkan bagaimana cara kita menulis. Kalau Anda melihat piramida, bentuknya mirip dengan segitiga. Bagian atasnya adalah puncak, makin ke bawah makin lebar. Namun kalau piramida atau segitiga ini posisinya kita balik, terlihat bahwa bagian paling atas yang lebar atau luas, terus mengecil ke bawah menjadi titik runcing. Serupa dengan bentuk segitiga terbalik tersebut, suatu artikel akan lebih terstruktur apabila di bagian awal atau ...

Apakah Penghasilan dari Profesi Penulis Bisa untuk Hidup di Indonesia?

Sewaktu kuliah di program studi S1 Sastra Inggris sekitar 20 tahun lebih yang lalu, saya sempat ingin bekerja dan hidup sebagai penulis. Artinya saya berharap mendapat penghasilan yang layak dengan menjadi penulis, khususnya untuk karya fiksi. Secara konkretnya yaitu membuat novel. Saat itu iklim perbukuan cetak di Indonesia masih cukup baik. Orang masih banyak yang mau membeli buku, meskipun internet mulai menjadi budaya di masyarakat. Namun saat itu saya masih dalam fase belajar. Tak satupun naskah saya diterima penerbit mayor. Maka itulah kenapa saya akhirnya bersikap realistis dengan melamar kerja sebagai karyawan. Kesempatan naskah saya terbit akhirnya datang setelah saya bekerja sebagai karyawan. Namun dari penjualan novel/buku saya, ternyata hasilnya kurang menggembirakan. Memang ada royalti, tapi tidak terlalu banyak. Hanya sekedarnya buat jajan. Seolah bahwa penghasilan dari menulis hanyalah sambilan. Padahal pada kenyataannya, untuk menghasilkan suatu karya yang menarik, butu...

Preview Episode 08 – Kamen Rider Zeztz

Pendahuluan Serial Kamen Rider Zeztz, yang dikenal sebagai bagian dari waralaba tokusatsu Kamen Rider Series, mengusung tema “mimpi sebagai misi” di mana sang protagonis Baku Yorozu (diperankan oleh Ryutaro Imai) memasuki dunia mimpi sebagai agen rahasia untuk melawan makhluk yang disebut Nightmares. ( Kamen Rider Wiki ) Untuk Episode 08 (judul Jepang: Case8: Entertain/饗(もてな)す , Motenasu) — seperti tercatat di daftar episode resmi. ( Kamen Rider Wiki ) Dalam preview-nya, muncul sebuah lokasi baru yang menarik: sebuah restoran klasik bernama Royal Jōkin , yang telah berusia seabad, dan menjadi pusat dari konflik cerita kali ini—bercampur antara tradisi kuliner dan ancaman senjata biologis. Berikut adalah ulasan lengkap preview Episode 08: latar cerita, poin kunci konflik, karakter yang terlibat, serta beberapa spekulasi dan hal yang layak diperhatikan. 1. Latar Cerita & Konflik Utama Royal Jōkin adalah restoran yang sudah berusia sekitar satu abad – sebuah warisan kuliner yang...