Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Wednesday, November 14, 2018

Unsur Alam di Cerita Fantasi

Pada dasarnya ada empat Unsur Alam yang dikenal di berbagai kebudayaan dunia, yaitu: Api, Air, Tanah dan Udara. Namun variasinya bisa berbeda, semisal di Yunani, selain keempat unsur alam tersebut dikenal juga unsur Aether. Lalu di Babylonia, Jepang, Tibet, dan India, unsur “Udara” dikenal sebagai "Angin" dan ada unsur kelima yang disebut "Ruang Hampa". Sementara di Cina, dikenal unsur Kayu, Api, Bumi, Logam dan Air, yang sebenarnya adalah representasi energi daripada materi.
.
Sejumlah cerita fantasi menggunakan elemen unsur alam. Diantaranya yang cukup dikenal adalah serial animasi Avatar, Pokemon, Digimon dan lain sebagainya. Sementara pembahasan kita fokuskan ke empat unsur alam utama ya. Unsur pertama adalah Api. Api mengandung panas, hasrat, tenaga, dan kemarahan. Diperkuat oleh udara dan lemah oleh air. Pokemon yang mewakili unsur Api diantaranya adalah Charmander.
.
Berikutnya unsur Air. Air mewakili dingin, kejernihan, kemurnian, dan ketenangan. Diperkuat oleh Tanah, namun lemah oleh Udara. Pokemon yang mewakili unsur Air diantaranya adalah Squirtle.
.
Unsur selanjutnya adalah Tanah. Tanah mewakili kokoh, berat, tekad, dan lamban. Diperkuat oleh Air, namun lemah oleh Api. Pokemon yang mewakili unsur Tanah diantaranya adalah Bulbasaur.
.
Unsur yang keempat adalah Udara. Udara mewakili pergerakan, pemikiran, perubahan dan gesit. Diperkuat oleh Api, namun lemah oleh Tanah. Pokemon yang mewakili unsur Tanah diantaranya adalah Dragonite. 
.
Oke, itulah keempat unsur alam utama yang biasa dikenal di cerita fantasi. Apa manfaatnya? Karakteristik yang berbeda dan khas dari masing-masing unsur alam, dapat digunakan untuk membangun cerita yang lebih menarik. Unsur alam bisa disematkan pada ras mahkluk hidup, kepribadian mereka, serta kekuatan yang dimiliki tokoh/karakter cerita, termasuk dalam pertarungan.
.
Sebenarnya Unsur Alam bisa juga lebih didetilkan lagi seperti Listrik, Cahaya, Kegelapan, dan lain sebagainya. Kita akan membahasnya lain kali.

Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.