Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Sunday, April 18, 2010

Akhir Tahun 2009 dan Tahun Baruan 2010 di Pangkal Pinang

Oke, Gwe tau kalo tulisan ini is so very late.. karena sekarang udah bulan April 2010, yang artinya 4 bulan sejak Gwe ngalamin peristiwanya. Jadi terserah pada mo baca pa gak, yang penting gwe cerita, hehe.. ^^

Jadi, akhir tahun 2009 Gwe dapet tugas dari kantor buat liputan ke Angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandar Udara (Bandara) Depati Amir, Pangkal Pinang, Pulau Bangka. Pulau Bangka… Gwe langsung inget ama novel Sang Pemimpi dan Laskar Pelangi. Wah.. mayan nih Gwe dapet tugas ke sono, kan bisa sekalian liburan nikmatin keindahan alamnya. Emang si, setting Laskar Pelangi tuh di Pulau Belitung/Belitong. Tapi kan pemerintah menetapkan Belitung jadi 1 provinsi dengan Bangka, sehingga menjadi Bangka-Belitung. Jadi piker Gwe ya, palingan 2 pulau itu deketan, gampang kesana-sininya. Eh, ternyata bayangan Gwe itu salah. Dari pulau Bangka mo ke Pulau Belitung itu kudu nyebrang pake kapal dengan waktu berapa jam gituh. Pokoknya 1 jam aja gak cukup. Saking lamanya, sampai-sampai, orang yang dari Jakarta mending ke Belitung langsung naek pesawat, daripada ke Bangka dulu trus nyebrang. Jadi, batal deh impian Gwe jalan-jalan kesana, secara waktu tugas Gwe sangatlah terbatas.

Satu kekeliruan lagi tentang tempat tujuan liputan Gwe kali ini adalah soal nama kota. Ternyata Pangkal Pinang itu beda sama Tanjung Pinang. Kan ada tuh temen smu Gwe yang kerja di Tanjung Pinang. Gwe kontek dia dan dapet penjelasan. Dasar Geografi Gwe ancur, Tanjung Pinang tuh ibukota provinsi Kepulauan Riau, sementara Pangkal Pinang tuh ibukota provinsi Bangka-Belitung. Pada tetanggaan sih, tapi tetep aja beda.

Well, enough bout the intro, let’s get in depth. Mati kita selami Pangkal Pinang dan Pulau Bangka lebih dalam. Berdasarkan cerita orang-orang di kota ini yang Gwe temui, Gwe jadi tahu beberapa hal. Pulau Bangka merupakan sebuah pulau dengan kekayaan alam berupa Timah. Bahan tambang ini secara resmi dieksplorasi oleh PN Timah (sekarang PT Timah). Pokoknya gengsi banget deh perusahaan ini di sana. FYI, Artika Sari Devi, yang putri Indonesia 2005 dari Bangka itu bokapnya kerja di sana. Selain itu masyarakat pun ada yang menambang secara tradisional. Jadi, jangan salah, meskipun sepertinya Bangka ini cuma pulau kecil (ya kalo disbanding Sumatra, Jawa, dst), penduduknya kaya loh. Kata salah satu ibu penduduk sana yang Gwe temui, di Pangkal Pinang dalam satu rumah setidaknya ada 1 sampai 2 motor. Nah loh. Ya mangsudnya bukan kaya yang gimana gitu, tapi cukup sejahtera lah masyarakat situ.

Mengenai penduduknya, sebagian besar adalah suku Melayu dan Cina. Pendatang ada dari Jawa, Palembang, Batak, dll, tapi yang dominan 2 tadi. Karena penduduk CIna cukup banyak, ya hampir separuh katanya, maka budayanya pun cukup terasa (artis Sandra Dewi yang cina cakep itu juga dari sini). Khususnya pas hari perayaan kek Imlek dan Ceng Beng. Perayaan yang terakhir itu Gwe baru tahu. Ceng Beng merupakan hari mengunjungi leluhur yang sudah meninggal atau bahasa lainnya ziarah kubur. Bagi etnis Cina, perayaan ini sama pentingnya dengan Idul Fitri-nya orang muslim dan Natal-nya nasrani. Jadi, meskipun orangnya udah tinggal di Hongkong atau Negara lain pun, tapi karena leluhurnya ada di Bangka, mereka rela bela-belain balik demi ziarah kubur. Sampai sekarang Gwe gak begitu ngerti kenapa perayaan Ceng Beng ditetapkan pada 5 April. Setahu Gwe kan Cina punya system penanggalan sendiri, yang rumit banget itu (karna ga sekedar mengacu pada peredaran matahari atau bulan). Jadi, pas masa Ceng Beng, biasanya pesawat menuju Pangkal Pinang bisa dipastikan penuh. Begitu juga hotel/penginepannya. Orang-orang dah booking jauh-jauh hari buat keduanya. Jadi, meskipun Gwe kali ini ditugasin buat liputan angkutan natal dan tahun baru, Gwe jadi ngerti kalo khusus untuk Pangkal Pinang/Bangka, sebenernya yang lebih cocok dibikin liputan, kalo mo ngomong soal padetnya, tuh ya angkutan perayaan Ceng Beng. Tapi ya sutra lah, ini kan agenda nasional. Prajurit manut ajah, toh malah dapet pengalaman ini ^^

Nah, sekarang kita beralih ke hal ringan (emang yang tadi berat :p), yaitu soal makanan dan oleh-oleh. Pas pertama dateng, kita langsung dibawa ke rumah makan yang nyajiin masakan khas Bangka. Gwe nyoba yang namanya sayur ikan lempah. Untuk Ikannya sih bisa apa aja, ikan Patin, dll tapi yang khas sayurnya itu yang berwarna kuning. Mayan sih, baru pertama ini ngerasain. Masakan lain ga beda jauh-jauh lah dari hasil laut, kek Cumi, udang, dan teman-temanya. Trus buat oleh-oleh pas mo pulang Gwe beli terasi. Terasi Bangka katanya enak, khas gitu. Udah Gwe bawa ke kampung. Bisa buat sambel itu. Oleh-oleh lain ada makanan kering dari keong atau apa gitu. Gwe lupa namanya, yang Gwe inget pokoknya mahal.

Tahun Baruan di Negeri Antah Berantah
Ah ya, Gwe blom cerita di awal kalo dalam rombongan liputan ada 5 orang: Gwe, orang Garuda, satu temen dari udara, trus 2 wartawan. Liputannya kan ujung tahun gitu pas tiket pesawat juga lagi susah, jadinya kita ga isa pulang bareng-bareng. Gwe sama orang Garuda terpaksa nambah 1 hari nginep di Pangkal Pinang. Gwe si gak masalah tahun baru-an di sana, secara Gwe juga jarang ngerayain dan ga ada agenda juga. Tapi ga asyiknya ya itu, ga isa bareng semuanya 5 orang di sana. Ga asyik aja, Gwe taon baruan sama 1 orang bapak yang udah berumur. Yang pada akhirnya emang Gwe taon baruan ndiri dan si bapak tidur.

Ini pertama kalinya gwe taon baru di tempat tugas, dan sendirian lagi (karna satu-satunya temen jalan lebih seneng di kamar). Untungnya tempat perayaan gak jauh dari hotel kita nginep. Ada semacam alun-alun gitu, tapi Gwe ga kesana. Tapi ke panggung hiburan gratis deket sebuah kafe. Jadi dimanapun tempatnya orang-orang tuh seneng ngerayain tahun baru. Ada band, motor-motor seliweran, terompet, kembang api, ga beda jauh lah. Ya gwe seneng rame-rameannya aja. So, begitu teng jam 12 dan tahun udah berganti, baru deh Gwe balik ke hotel.

Besoknya Agenda Gwe pulang. Pas tahun baru kan jarang orang mau pergi, jadi ga begitu padets lah. Tapi cuaca mendung. Paginya sempet ujan. Untungnya si pas kita boarding, udah enggak. So, goodbye Pulau Bangka, gwe pengin si suatu ketika balik lagi, secara kan belom sempet nikmatin keindahan alamnya, yang moga-moga ga kalah ma sodaranya Pulau Belitung..

Friday, April 09, 2010 [07:12]
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.