Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Friday, June 29, 2018

Tiga Sumber Penghasilan Blogger

Halo Sobat Kreatif, Salam jumpa lagi dengan saya yozar.

Kali ini kita mau ngomongin soal Blog dan Blogger. Awalnya sih, ngeblog itu untuk menuliskan pikiran, curhatan, atau diari seseorang di sebuah laman internet. Yah, semacam untuk ekspresi diri. Namun makin hari makin banyak orang yang nulis. Tema bermacam-macam. Bahkan isinya ada yang kayak liputan koran. Beda tipis antara website dan blog. Nah dengan makin populernya blog, penulisnya alias blogger bisa mendapatkan penghasilan dari hobinya ini. Gimana caranya? Setidaknya ada 3 Sumber penghasilan blogger dari pengamatan saya:

1.         Traffic Adsense
Google dengan platform periklanannya AdSense memberikan kesempatan kerjasama bagi pemilik blog atau website untuk memasang iklan di halamannya. Alurnya kurang lebih seperti ini: Google dapat orderan untuk mengiklankan suatu barang atau jasa. Google menawari pemilik blog untuk memasang kode iklan di halamannya. Dari iklan yang diklik, Google memberikan bagi hasil penghasilan iklan kepada pemilik blog. Jadi di sebuah blog yang banyak pengunjungnya, dan makin banyak orang yang meng-klik atau membuka informasi iklan tersebut, maka semakin banyak penghasilan yang didapat blogger.

2.         Review/Endorse
Suatu blog yang populer dan banyak pengunjungnya, akan menarik minat produk atau jasa untuk diulas di blog tersebut. Harapannya, jadi banyak pengunjung yang jadi kenal dan tertarik dengan produk atau jasanya. Sang Blogger atau pemiliknya bisa mendapatkan penghasilan dari membuat ulasan ini. Nominalnya berapa? Itu tergantung kesepakatan atau umumnya bagaiamana.
Nah bagaimana orang tahu suatu blog populer? Blogger bisa menampilkan statistika kunjungan di lamannya. Misalnya pakai Google Analytic. Makin tinggi tingkat kunjungan berarti makin populer blog tersebut. Ada juga website khusus yang bisa menilai kepopuleran suatu blog. Salah satunya adalah moz.com Dia bisa menilai DA dan PA atau tingkat kunjungan website dan tingkat kunjungan halaman website. Makin tinggi nilai DA dan PA, berarti makin ramai blog tersebut dikunjungi.

3.         Blogger Reporter
Hampir sama dengan sistem review/endorse. Blogger di sini sistem kerjanya mirip wartawan atau reporter, yaitu pemilik produk, barang, jasa atau kegiatan mengundang blogger ke suatu event atau acara. Di event atau acara tersebut akan ada satu atau lebih narasumber yang akan menjelaskan mengenai suatu produk, barang, jasa, informasi atau kebijakan bila dari pihak pemerintah yang minta diliput. Atas liputannya, Blogger bisa mendapatkan imbalan berupa mencicipi atau mencoba produk baik barang atau jasa, membawa paket produk, voucher, uang dan lain sebagainya. Mengenai apa manfaat yang bakal Blogger terima, ada yang sudah dipastikan dari awal, ada juga penyelenggara yang mungkin tidak menyediakan atau memberikan dana kepada peliput.


Nah itulah 3 Sumber penghasilan seorang Blogger dari pengamatan saya. Seru bukan? Apakah anda sekarang tertarik untuk menjadi Blogger? Bagaimana caranya? Akan saya ulas di tulisan lain.

Share:

2 comments:

  1. Salam kenal kak. Wah, bermanfaat nih tipsnya. Aku kok belum paham soal traffic adsense ya. Asik banget ya ngeblog bisa jadi sumber penghasilan.

    ReplyDelete
  2. Halo mba Siti Faridah, salam kenal juga.
    Yang penting rajin-rajin posting aja, nanti bisa daftar ke google adsense biar bisa ada pemasukan tambahan, hehe

    ReplyDelete

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.