Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Saturday, December 31, 2016

Recap 2016 & Resolusi 2017


Time flies so fast,

Ga kerasa setahun berlalu dan tiba-tiba aja udah di ujung tahun 2016. Di blog ini Gwe emang ga banyak ngisi, tapi sebenarnya cukup banyak karya di tahun ini, yang tersebar di berbagai media.

Satu hal yang menonjol tahun 2016 ini adalah keberadaan media sosial yang semakin kuat. Orang makin intens memanfaatkannya, bahkan apa yang terjadi di dunia maya erat dengan apa yang terjadi di dunia nyata. Perang status, perang pemikiran, namun Alhamdulillah Allah masih melindungi negeri ini, sehingga letupan-letupan sosial ada, namun tidak menimbulkan kegemparan yang menyengsarakan. Korban ada, namun masih banyak yang berupaya meminimalisir gesekan.




Recap 2016:

1. Office Story

Sebagai kelanjutan dari hasil seleksi Tenaga Humas Pemerintah (THP) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), akhir Desember 2015 sudah dilaksanakan pembekalan di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jakarta. Semestinya awal tahun 2016 sudah mulai penempatan, tapi ternyata ada pertimbangan untuk memberikan pembekalan tambahan kepada kami, 47 orang THP di bulan Januari 2017. Kegiatan kali ini di kantor Kemenkominfo selama kurang lebih satu bulan.
Setelah sempat ada masa vakum, tibalah hari dimana kami diwawancarai 2 (dua) orang Menteri, yaitu Menkominfo, Rudiantara dan MenPAN RB, Yudi Chrisnandi. Dari hasil interview para THP dipilih untuk menempati pos Kementerian/Lembaga. Gwe bersama seorang teman bernama Putri ditugaskan di Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Maka sesuai Surat Keputusan (SK) disebutkan kami akan bertugas di Bekraf paling lama 2 (dua) tahun dengan pertimbangan setiap 3 (tiga) bulan dievaluasi. Karena dinamika pekerjaan, realisasinya kami bertugas di Bekraf dari Februari hingga Juni 2016, lalu untuk sementara ditarik ke Kemenkominfo. Setelah masa tunggu, akhirnya Gwe ditempatkan ke sebuah lembaga adhoc di bawah Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), namanya Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Sementara rekan Gwe Putri, beberapa waktu kemudian ditugaskan di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Selama perjalanan, ada beberapa teman yang memilih untuk mengundurkan diri dari THP. Kini THP yang tersisa ada 43 orang.



2. Internet Things


Satu hal yang istimewa adalah akhirnya Gwe memperoleh approval program Adsense Non-hosted karena website Indonesia Baik. Dari satu web ini ternyata Alhamdulillah bisa ditularkan ke Showbiz Indonesia dan Keliling Kendal.



3. Study Story

Sekarang udah semester 9 (sembilan) dan aturan udah bisa lulus kuliah, tapi tesis masih keteter. Ada sedikit update, dari judul baru, akhirnya Gwe ujian Artikel Jurnal. Namun karena revisinya kelamaan, melebihi 3 (tiga) bulan, maka ujian harus diulang. Namun tetap, materi yang Gwe ulang adalah versi revisi. Itu pun masih kena kritik dan diminta koreksi lagi. Kata dosen penguji dan pembimbing, revisi tidak boleh lama-lama, dan segera ajukan tesis, mengingat tidak lama lagi semester 10 (sepuluh) yang kalau tidak diselesaikan dalam batas waktu itu bisa kena DO (Drop Out). Mudah-mudahan segera beres deh.



4. Writer Story

Setelah penantian panjang mulai April 2015, dan diskusi dengan penerbit, naskah novel fantasi Gwe: Selestia dan Penjara Teka-teki” pada September 2016 mulai digarap serius dan akhirnya terbit pada Desember 2016. Di tengah kesibukan kerja dan garap tesis, Gwe gencar promosi dan menggandeng teman-teman dari berbagai komunitas, seperti Forum Lingkar Pena (FLP), Penggemar Novel Fantasi Indonesia (PNFI) yang terafiliasi dengan Blog Buku Indonesia (BBI), serta BookTuber Indonesia. Beberapa yang belum teralisir adalah wawancara di RRI Pro 2 FM Jakarta, IKAPI, dan Gramedia Matraman.

                Selain karya, mulai tahun ini Gwe mengikuti kelas Pramuda Forum Lingkar Pena (FLP) Jakarta. Jadi sebelum menjadi anggota resmi FLP, kita harus ikut pendidikan dulu. Pertemuannya 2 minggu sekali dan akan diakhiri dengan inagurasi. Karena satu dan lain hal, jadwal mundur dan inagurasi yang sedianya dilaksanakan akhir tahun 2016, jadi Januari 2017. Meskipun Gwe pernah belajar menulis, menimba ilmu tak ada salahnya. Selalu ada yang baru, dan di sini Gwe mulai berkomunitas.

                Selanjutnya di akhir tahun ini pula dideklarasikan yang namanya Asosiasi Penulis Profesional Indonesia. Penggagasnya adalah pak Bambang Trim, seorang editor senior yang sudah banyak pengalaman di dunia perbukuan dan penulisan. Berawal dari grup WhatsApp RUMPI (Rumah Penulis Indonesia), berlanjut ke pertemuan deklarasi. Gwe menyambut positif dan ikut bergabung. Bahkan di acara deklarasi, Gwe ikut peluncuran buku bersama beberapa penulis lain, dengan bawaan Gwe “Selestia dan Penjara Teka-Teki” kepada masyarakat. Mas Wiwien Wintarto, penulis Gramedia, temen lama Gwe yang dulu bareng garap Rumah Media Semarang juga datang. Kita sebelumnya sempat membentuk grup penulis di WA bernama Himpunan Penulis Indonesia (Himpena) dengan pak Hani Sutrisno, pemilik Kampung Bahasa Borobudur Magelang sebagai Ketua. Namun akhirnya kita memilih merger dengan Asosiasi PenPro Indonesia.



5. Musical story

Masih serupa dengan tahun 2015 lalu, untuk produksi lagu/musik belum banyak berarti, tutorial musik elektronik via FL Studio di YouTube ada tapi sedikit. Di tahun ini juga ada tayangan The Remix di .NET TV season 2. Sempat semangat nonton di beberapa episode awal, namun selanjutnya Gwe kurang mengikuti.



6. YouTube Story

Tahun ini produksi video Gwe ada tapi ga begitu banyak/dalem. Terpecah di beberapa channel, yaitu: yozar.remixer, yozar f amrullah, kumpul kebo, indonesia baik, dan yang terakhir “Buku Tulis”. Tahun ini rame-ramenya orang Indonesia jadi YouTuber alias pembuat video YouTube. Karena itu YouTube makin ketat dan tegas untuk memberangus video re-uoload. Bahkan channel: yozar.remixer sempat di-suspend namun Alhamdulillah bisa kembali. Namun channel: kumpul kebo dan indonesia baik tidak bisa diselamatkan.

Tahun ini untuk kedua kalinya Gwe menerima pembayaran dari AdSense. Dan yang gokil di tahun ini YouTube/Google Indonesia cukup banyak mengadakan event offline. Awalnya sih Gwe cuman ngikutin YouTube Live! Sebuah acara live diskusi dengan YouTuber terkenal Indonesia lewat channel YouTube Indonesia. Namun ternyata dari sana Gwe baru tahu ada kesempatan untuk mengikuti berbagai event lain secara offline. Ada 4 (empat) Events yang Gwe ikuti tahun ini: YouTube Pop-Up Space Jakarta - Bintaro, YouTube HangOut - Jaksel, shooting untuk YouTube Rewind Indonesia di GOR Lokasari – Mangga Besar, dan sebagai penutup acara YouTube Indonesia tahun 2016: YouTube End Year Party 2016 di f(x) Senayan.



7. Love Story

Kisah cinta 2 (dua) tahun Gwe akhirnya kandas di tengah jalan. Sekarang dalam masa recovery dan move on. Ada peluang baru, namun belum bisa dipastikan.



Resolusi 2017

Gwe berharap tahun 2017 akan dipenuhi semangat dan kegairahan. Mendampingi tulisan ini Gwe juga bikin sesuatu bernama Peta Hidup, yang maaf tidak akan dirilis karena berisi rencana dan harapan, hehe,.. Berikut adalah sejumlah keinginan atau target, yang mudah-mudahan bisa Gwe raih di tahun 2017:


1. Bekerja dengan nyaman, aman, dan sejahtera.

Gwe belum tahu apakah masih akan kerja sebagai THP di Jakarta atau kembali ke Semarang dan jadi dosen? Mudah-mudahan di kerjaan manapun Gwe diterima dan mampu melakukan tugasnya dengan mudah, aman, nyaman, sejahtera, serta didukung semua pihak.



2. Menyelesaikan Kuliah S2

Sekarang ini masa revisi artikel jurnal. Mudah-mudahan segera kelar dan berlanjut ke tesis, ujian, dan akhirnya wisuda.



3. Will You Marry Me?

Ya, hanya dan hanya jika dia mau dan siap.



4.  Fokus Nulis Fiksi Fantasi

Komunitas (AsPenProIndo; FLP; Himpena) tetap dijaga dan dikembangkan di Kendal (Lingkar Baca Tulis) dan Semarang (Rumah Media). Sesudah urusan tesis selesai, bisa mulai nulis fiksi lagi. Kali ini fokus dengan tema fantasi yang dasarnya sebenarnya udah ada.



5. Musisi Digital

Memantapkan skill musik digital dengan berlatih LaunchPad, DJ, mempelajari program musik komputer: FL Studio; mendalami musik etnik dan kalau perlu sampling. Rilis album lagu/musik digital: Digital 4th: New Musical Order; Lebih banyak bergaul dengan komunitas musik, khususnya remixer & DJ, serta memasarkan diri dan mulai perform.



6. Lebih Stabil Bikin Video Youtube

Selain kontribusi di tutorial Musik elektronik, Launchpad dan DJ, mulai juga produksi video perform dan original music. Channel laen juga digarap dan diperdalam, seperti materi: Buku Tulis, Keuangan, Tips dan Trik, Tutorial, Masak, serta kalau mungkin English Learning dan Digital Literacy.



7. Punya Alat-alat, Barang, Sesuatu

Barang yang belum Gwe dapat di tahun 2016 adalah Drone serta Kamera buat vlogging (ga begitu penting banget sih). Yang utama sih pengin punya tempat tinggal, walaupun kalau terpaksa kredit, dan juga kendaraan roda empat, walaupun juga kalau terpaksa kredit.



8. Enterpreneur

Pengin bikin koperasi: bisnis penerbitan/perbukuan, jualan makanan khas Kendal, sub kontrak media online, fashion, dll.
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.