Skip to main content

Ikutan YouTube Creator Day Jakarta

Udah lama ya Gwe ga ngeBlog. Udah saatnya update, huehe,.. Jadi hari ini, Sabtu, 3 Desember 2016 Gwe ikutan acara YouTube Creator Day Jakarta yang diadakan di Conclave Wijaya, Jakarta Selatan.

Ini adalah event ke-3 YouTube yang Gwe ikutin, setelah YouTube Pop Up Space Jakarta September lalu dan YouTube HangOut Jakarta di Kantornya Google Indonesia minggu lalu, Sabtu, 26 November 2016.

Jadi event hari ini khusus untuk YouTuber yang Subscriber-nya >1K. Yang udah cukup syaratnya boleh daftar trus diemail tempat dan waktunya. Sesuai jadwal acara dari jam 12.00-16.00 WIB. Sebelum dimulai kita makan siang dulu, trus pembukaan oleh YouTube Ambassador Indonesia: Giovander Louis dan Kevin Anggara. Eno Bening ikut nimbrung juga. Inti kegiatan kali ini adalah agar kita YouTuber bisa mengoptimasi channel. Ririn Oscarin, ibunya YouTube Indonesia yang kasih materi. Kita review channel yang selama setahun ini berjalan. Kita belajar untuk baca YouTube Analytic, trus dapat saran-saran optimasi kayak pakai End Screens, Block Link, dll. Setelah materi kita langsung nge-grup praktek utak-atik langsung. Untuk pertama kali Gwe pakai End Screen. Yang perlu diperhatikan teknik ini menggantikan annotation. Jadi dengan teknik ini yang pakai hape bisa klik link ke video lain. Sebelumnya nggak bisa. Kudu lewat desktop.

Setelah coffee break menikmati minum kopi atau teh dan kue, acara dilanjutkan dengan kuis. Hadiahnya ada Note Book dan Box Kamera yang bisa dipake untuk nonton video 360, Gwe nggak tahu apa namanya itu. Pertanyaan kuis seputar YouTube. Gwe coba ikut challenge yang nyebutin Content Creator Indonesia tapi gagal. Namun, Gwe dapet NoteBook karena posting foto acara ini di Instagram. Yeay!

Di acara ini juga diinformasikan buat kita yang mau berpartisipasi dalam pembuatan video YouTube Rewind Indonesia 2016. Shooting bakal berlangsung pada 8-13 Desember. Gwe daftar untuk jadwal hari Sabtu-Minggu, 10-11 Desember 2016 secara hari lain kan kerja. Konfirmasi waktu dan tepat kita akan dihubungi. Lalu di bulan ini bakal ada event eksklusif lagi dari YouTube khusus untuk YouTuber dengan subscriber 1K, yaitu “YouTube End Year Party” yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 17 Desember 2016 jam 18.00-21.00 WIB di F(X) Senayan. Ruangannya Gwe kurang denger tadi karena ramai, huehe,.. tapi ntar bakal ada konfirmasinya kok lewat e-mail.


Eno Bening di sini cerita juga kalau YouTuber Indonesia sekarang tuh beruntuk karena sering ada event. Dulu pas jamannya masih jarang dan by invitation doang. Menurut statistik, kenaikkan YouTube Uplader pada 2015 mencapai 130% sedangkan 2016 mencapai 170% Entah tahun depan. Kemungkinan makin naik sehingga makin kompetitif. Jadi kita harus makin kreatif dan sebisa mungkin membangun komunitas dan fans.

Comments

Popular posts from this blog

Piramida Terbalik: Cara Jitu Membuat Artikel Menarik

Sebuah artikel yang baik haruslah padat dan informatif. Bukan malah bertele-tele, berputar-putar, atau malah diulang-ulang. Padahal sejak SD, kita sudah diajarkan menulis. Namun untuk bisa membuat tulisan yang terstruktur, menarik, dan enak dibaca memang ada suatu teknik khusus. Dalam dunia kewartaan teknik tersebut dikenal dengan istilah Piramida Terbalik , yang dilengkapi dengan rumus 5W+1H dalam menulis sebuah berita. Apa sih maksudnya? Tentu saja hal ini bukan mengenai suatu bangunan antik dari negeri Mesir, tetapi istilah ini untuk menggambarkan bagaimana cara kita menulis. Kalau Anda melihat piramida, bentuknya mirip dengan segitiga. Bagian atasnya adalah puncak, makin ke bawah makin lebar. Namun kalau piramida atau segitiga ini posisinya kita balik, terlihat bahwa bagian paling atas yang lebar atau luas, terus mengecil ke bawah menjadi titik runcing. Serupa dengan bentuk segitiga terbalik tersebut, suatu artikel akan lebih terstruktur apabila di bagian awal atau ...

Apakah Penghasilan dari Profesi Penulis Bisa untuk Hidup di Indonesia?

Sewaktu kuliah di program studi S1 Sastra Inggris sekitar 20 tahun lebih yang lalu, saya sempat ingin bekerja dan hidup sebagai penulis. Artinya saya berharap mendapat penghasilan yang layak dengan menjadi penulis, khususnya untuk karya fiksi. Secara konkretnya yaitu membuat novel. Saat itu iklim perbukuan cetak di Indonesia masih cukup baik. Orang masih banyak yang mau membeli buku, meskipun internet mulai menjadi budaya di masyarakat. Namun saat itu saya masih dalam fase belajar. Tak satupun naskah saya diterima penerbit mayor. Maka itulah kenapa saya akhirnya bersikap realistis dengan melamar kerja sebagai karyawan. Kesempatan naskah saya terbit akhirnya datang setelah saya bekerja sebagai karyawan. Namun dari penjualan novel/buku saya, ternyata hasilnya kurang menggembirakan. Memang ada royalti, tapi tidak terlalu banyak. Hanya sekedarnya buat jajan. Seolah bahwa penghasilan dari menulis hanyalah sambilan. Padahal pada kenyataannya, untuk menghasilkan suatu karya yang menarik, butu...

Preview Episode 08 – Kamen Rider Zeztz

Pendahuluan Serial Kamen Rider Zeztz, yang dikenal sebagai bagian dari waralaba tokusatsu Kamen Rider Series, mengusung tema “mimpi sebagai misi” di mana sang protagonis Baku Yorozu (diperankan oleh Ryutaro Imai) memasuki dunia mimpi sebagai agen rahasia untuk melawan makhluk yang disebut Nightmares. ( Kamen Rider Wiki ) Untuk Episode 08 (judul Jepang: Case8: Entertain/饗(もてな)す , Motenasu) — seperti tercatat di daftar episode resmi. ( Kamen Rider Wiki ) Dalam preview-nya, muncul sebuah lokasi baru yang menarik: sebuah restoran klasik bernama Royal Jōkin , yang telah berusia seabad, dan menjadi pusat dari konflik cerita kali ini—bercampur antara tradisi kuliner dan ancaman senjata biologis. Berikut adalah ulasan lengkap preview Episode 08: latar cerita, poin kunci konflik, karakter yang terlibat, serta beberapa spekulasi dan hal yang layak diperhatikan. 1. Latar Cerita & Konflik Utama Royal Jōkin adalah restoran yang sudah berusia sekitar satu abad – sebuah warisan kuliner yang...