Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Monday, February 6, 2012

Mengenal Program Untuk Bikin Lagu FL Studio alias FruityLoops

Gwe sering banget nyebut nama FL Studio di sejumlah tulisan, namun mungkin belom banyak yang tau sebenarnya makhluk apa ini. FL Studio adalah sebuah aplikasi komputer pada sistem operasi Windows untuk pengolahan musik dan suara (audio), atau secara gampangnya bisa dibilang, FL Studio adalah program untuk membuat lagu. Dengan dilengkapi alat tambahan yang nggak terlalu banyak dan mahal, FL Studio bisa menjadi sebuah studio rekaman rumahan atau pribadi. Mesin utama tentu saja adalah komputer atau laptop yang diinstal program FL Studio. Tanpa alat tambahan sebenarnya program ini sudah bisa untuk membuat lagu. Namun agar hasil produksi lagu/musik lebih baik lagi, dapat ditambah instrumen Keyboard Controller yang berfungsi untuk penyusunan nada atau perekaman permainan musik secara live, sehingga terdengar lebih alami. Selanjutnya pengguna perlu juga menambahkan alat Audio Interface (SoundCard Eksternal) kalau ingin menyertakan suara vocal atau permainan gitar listrik.


Sebagai sebuah digital audio workstation (DAW), pengguna FL Studio bekerja pada lingkungan data MIDI dan data Audio. Fitur-fitur FL Studio diantaranya adalah untuk melakukan editing, recording/rekaman, mixing, dan mastering. Sedangkan fitur utama aplikasi ini terpusat pada penciptaan lagu/musik berbasis sequencer. Sequencer adalah pola yang disusun atas sejumlah sample suara atau instrumen virtual/digital. Sample suara pada umumnya diambil dari suara instrumen yang sebenarnya, sedangkan instrumen virtual/digital adalah sebuah program tambahan yang disebut VST Plugin, untuk menciptakan berbagai macam bunyi, baik yang realistis maupun fantastis. FL Studio versi full (Producer atau XXL) sudah menyediakan berbagai VST Plugin yang cukup powerfull seperti: Sytrus, Toxic Biohazard, Vocodex, dll. Namun, pengguna juga dapat menambahkan VST Plugin dari perusahaan ketiga pada FL Studio. VST Plugin tambahan yang cukup dikenal diantaranya adalah: Melodyne, Korg Legacy, Omnisphere, dll.

Dengan kemampuannya yang lengkap, FL Studio dapat digunakan untuk memproduksi berbagai macam genre musik, baik itu pop, rock, dance, hip-hop, maupun elektronik seperti lagu-lagu boyband/girlband. Setelah penyusunan dilakukan, lagu/musik dapat diekspor ke format file yang lebih universal seperti MP3, WAV, dll, agar dapat dimainkan di CD Player, Handphone, MP3, dll.

Gwe sendiri pertama kali make FL Studio sewaktu masih versi 2 (dua), sekitar tahun 2003. Saat itu FL Studio masih bernama Fruityloops. Image-line mengubah nama produknya ini karena beberapa alasan, diantaranya adalah untuk menghindari masalah hukum dengan perusahaan sereal Kellogs atas kemiripan nama produk, selain itu juga agar tidak berkesan ‘gay’ atas istilah ‘fruity’.

Kalau kalian tertarik pengin nyoba, versi demo-nya bisa di-download di alamat di bawah. Silakan berkreasi menciptakan musik yang asyik ^^:
http://www.image-line.com/downloads/flstudiodownload.html

Di bawah ini link video dari lagu yang Gwe bikin dengan FL Studio, judulnya "Sumpah Pemuda Revolusi":

URL Youtube: http://www.youtube.com/watch?v=HtrWSeaLgOE
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.