Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Sunday, September 30, 2018

Ngeblog Untuk Dibayar atau Kebutuhan Diri?

Saat awal munculnya internet, orang menulis blog atau web log mungkin hanyalah sebagai catatan untuk menceritakan pengalaman kesehariannya atau menuangkan gagasan pikirannya yang tidak dapat tersalurkan ke media massa atau tempat lainnya. Salah satu blog yang populer di Indonesia adalah KambingJantan.com yang diampu oleh Raditya Dika. Di sini dia menuliskan kegiatan hariannya dengan gaya yang komedik, sehingga membuat peselancar internet terpikat dan rajin berkunjung ke blog tersebut. Bahkan pada akhirnya blog KambingJantan.com diterbitkan sebagai buku serta dijadikan film. 
.
Selain Dika, banyak juga penulis blog lain, tentu dengan materi khas masing-masing. Ada yang konsisten mengambil topik otomotif, komputer, teknologi, membahas cerita anak, atau sama seperti Dika yang menjadikan blog sebagai Diary, atau tempat cerita hidup sehari-harinya. Cerita saat dia suka lawan jenis, ditolah, lulus sekolah, masuk kerja, dll. Apapun itu sah-sah saja, asal tidak membuat kata-kata dan konten negatif.
.
Pada perkembangannya, Google memunculkan suatu platform periklanan yang disebut AdSense atau lengkapnya Google AdSense. Di sini Google menawarkan pada para pemilik blog atau website untuk bermitra iklan. Jadi pemilik blog/website mendaftarkan diri di GoogleAdsense. Nanti dia bisa membuat format iklan, kemudian memasangkannya di web atau blognya. Secara pintar, konten iklan akan diisikan oleh AdSense dengan materi yang bisa berubah-ubah, sesuai dengan materi apa yang diiklankan. Semakin populer suatu blog, dan semakin banyak orang menyorot dan membuka iklan, maka pemilik blog pun bisa mendapatkan bagi hasil yang semakin besar dari AdSense. 
.
Selain AdSense sebenarnya masih banyak sistem mitra periklanan lain untuk blog/website seperti media.net, amazon display ads, adversial, vigilin dan skimlinks. Ada juga sistem affiliate marketing. Di sini Anda mempromosikan produk milik orang lain dan mendapatkan komisi.
.
Khususnya di Indonesia berkembang juga model peluang ekonomi/profesi sebagai blogger liputan. Blogger model ini kerjanya mirip dengan wartawan. Dia diundang oleh markom atau tim komunikasi suatu instansi atau perusahaan untuk hadir dalam kegiatan atau informasi produk mereka, kemudian menuliskan berita terkait. Diharapkan tulisan yang positif memberikan efek lebih luas ke masyarakat jika disampaikan melalui saluran yang benar.
.
Semakin sering blog dikunjungi, maka trafficnya semakin tinggi, sehingga bisa dibilang: daya jual blog tersebut juga baik. Kepopuleran suatu blog bisa diliat dengan sistem statistik Google Analytic. Bisa juga mengecek melalui website yang memiliki layanan Pagerank Checker. Nilai kepopuleran suatu laman website disebut sebagai DA atau Domain Authority, sedangkan nilai kepopuleran suatu posting tulisan, disebut sebagai PA atau Page Authority . Inilah salah satu cara untuk mengetahui kepopuleran suatu blog bagi calon mitra yang ingin produk atau jasanya ditampilkan di blog tersebut, baik dalam wujud liputan atau program afiliasi.
.
jadi apakah ngeblog atau nulis blog itu untuk dibayar, atau kebutuhan diri, hobi, ekspresi diri sang penulis?
Untuk Gwe sendiri, memang aslinya suka nulis. Awalnya sih nulis fiksi, yang ditawarkan ke penerbit. Dari pengalaman kerja sebagai humas dan pendamping wartawan/reporter, Gwe pun bisa nulis berita liputan alias tulisan non-fiksi, yang isinya tentu saja menceritakan suatu acara atau menampilkan produk. Menjadi blogger liputan berarti kamu bisa melihat dan mengamati langsung. Terkait penghasilan dari Adsense atau honor liputan tidak mutlak diharapkan, namun bisa menjadi suntikan yang segar. 
.
Karena itu, Gwe pun mengingatkan diri sendiri untuk rajin-rajin nulis blog. Kalau bisa sih posting sehari sekali. Jangan mengharapkan honor, atau fasilitas yang lain. Nanti rezeki bakal datang sendiri. 
.
Namun deadline untuk Gwe sendiri itu, bagi sebagian penulis blog lain ternyata memberatkan. Ada yang maunya posting tulisan dua minggu sekali, ada juga yang pengin posting seminggu sekali. Kalau Gwe pikir ya itu terserah kebijakan masing-masing, mau berekspresi atau tidak, trafficnya tinggi atau biasa aja. Bagi blogger yang menulis sebagai kebutuhan sendiri, berapapun honor atau bahkan tidak dibayar, bukan suatu masalah. Ide konten bisa muncul setiap saat, dan bisa dituangkan dalam bentuk positn gtulsan seekspresif mungkin. Namun bagi blogger AdSense atau blogger liputan yang ingin dilirik brand atau mitra, akan lebih baik bila memiliki blog dengan tingkat kunjungan atau traffic yang tinggi. Gimana bisa dapat traffic yang tinggi? Mudahnya adalah dengan posting tulisan satu atau lebih topik tiap hari. Dari situ link postingan bisa dishare untuk mendapatkan kunjungan peselancar internet dari berbagai tempat di Indonesia, bahkan dunia.
Share:

2 comments:

  1. Mantabb sekali ulasanya..
    Iya aku awalnya juga mau nulis blog sangat berat... tapi berhubung niatnya untuk berbagi banyak hal dengan pembaca kita tentu ini bikin kita semangat nulis.

    ReplyDelete

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.