Bersama ASUS, Dunia Masuki Era Laptop AI

Keberadaan Artificial Intelligence atau AI selama setahun terakhir ini naik pamor pesat. Masyarakat dibuat kaget sekaligus terkagum-kagum dengan semakin cerdasnya hasil teknologi komputer ini. Ada AI yang bisa diajak ngobrol secara tekstual maupun oral seperti Chat GPT, ada yang bisa membuat gambar yang ciamik seperti Leonardo, dan ada juga yang bisa bikin lagu seperti SUNO. Dalam menggunakan teknologi ini, tentu dibutuhkan hardware yang mumpuni. ASUS menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan jajaran laptop AI besutannya yang disebut ASUS AI. Komunitas Blogger Semarang berkesempatan berkenalan dengan laptop canggih ini pada acara Media Roadshow 2024 di Awann Sewu Hotel pada Kamis, 6 Juni 2024.

“ASUS AI merupakan bentuk komitmen ASUS dalam menghadirkan inovasi teknologi laptop terdepan. Bahkan hingga saat ini, ASUS merupakan satu-satunya brand laptop yang konsisten menghadirkan jajaran laptop AI serta memiliki portofolio produk paling lengkap.” Begitu yang dinyatakan oleh Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director dalam press rilisnya. Ditambahkannya, semua laptop yang memiliki logo ASUS AI dipastikan hadir sebagai laptop AI, sehingga masyarakat Indonesia tidak akan kesulitan saat mencari laptop AI.

Keunggulan laptop ASUS AI adalah memiliki NPU atau Neural Processing Unit yang merupakan chip khusus yang membuat pemrosesan AI menjadi jauh lebih efisien. Selanjutnya, laptop ini dibekali sistem operasi Windows 11 Home, dengan fitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot melengkapi keahlian dan kreativitas pengguna dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

 

Tiga Pilihan Laptop ASUS AI

Ada tiga laptop ASUS AI unggulan yang dapat dipilih oleh masyarakat: pertama, Zenbook DUO (UX8406) yang memiliki layar ganda, kedua, Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang paling tipis dan ringan, serta ketiga, Zenbook 14 OLED (UX3405) yang diakui sebagai laptop AI pertama di Indonesia. Berikut penjelasan lebih detailnya:

1) Zenbook DUO (UX8406)

Sebagai laptop AI dengan dua layar satu-satunya ada saat ini, Zenbook DUO (UX8406) memiliki lima skenario penggunaan, yang membuatnya sangat fleksibel untuk berbagai aktivitas pengguna. Pengguna bisa memilih berbagai mode layar, di antaranya: mode laptop, dual screen, desktop, maupun sharing. Laptop yang dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards ini ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™, serta didukung Windows 11 dengan fitur Copilot untuk pengalaman AI sekaligus multitasking tak tertandingi. Laptop ini dibandroll mulai dari Rp34.999.000,-.

 

2) Zenbook S 13 OLED (UX5304)


Dikenal sebagai laptop AI paling tipis, ringan, dan ringkas. Bobotnya saja hanya 1 kg. Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series dan didukung Windows 11 serta Copilot, sehingga laptop ini disebut sebagai laptop ASUS AI paling portabel. Sisi unik dari laptop ini adalah bagian belakang layarnya menggunakan bahan Plasma Ceramic Aluminium, yaitu suatu material yang tidak melibatkan cairan kimia sama sekali, sehingga sangat ramah bagi lingkungan. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai sertifikasi ramah lingkungan yang dimilikinya. Di negara merah putih, laptop ini dipasarkan mulai dari harga Rp24.999.000.

3) Zenbook 14 OLED (UX3405)

Sebagai laptop AI pertama di Indonesia, serta memiliki bodi tipis,  Zenbook 14 OLED (UX3405) dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra Series, yang merupakan prosesor generasi terbaru yang telah ditenagai oleh AI dan dapat mengakomodasi pemrosesan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan hemat daya tahan baterai hingga seharian. Laptop ini hadir dengan layar ASUS Lumina OLED beresolusi 3K, serta mengusung desain premium dan portabel dengan bobot hanya 1,2 kg dan ketebalan 14,9mm.  Selain itu, laptop ini juga dianggap bandel karena telah meraih sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). Zenbook 14 OLED (UX3405) juga dianggap sebagai laptop ramah lingkungan dengan jejak karbon hingga 50% lebih rendah dibandingkan laptop sekelasnya. ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) dipasarkan mulai dari Rp16.699.000,-.

 

ASUS Juga Kenalkan Laptop Vivobook untuk Pelajar


Tak hanya jajaran laptop AI, ASUS juga membawa Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404) sebagai laptop yang terbaik untuk pelajar. Walau ramah di saku, kedua laptop lolos uji ketahanan ekstrem terbukti dengan sertifikasi US Military Grade (MIL-STD-810H). Keduanya ditenagai prosesor 13th Gen Intel® Core™, sistem operasi Windows 11 dan telah dilengkapi Microsoft Office Home and Student 2023 dengan lisensi selamanya.

Vivobook 14 (A1404) dilengkapi layar Full HD serta memori yang dapat di-upgrade. Ia hadir dengan desain yang cukup portabel dengan bobot 1,4 Kg dan ketebalan 1,7 cm. Sedangkan Vivobook Go 14 (E1404) menawarkan desain yang lebih portabel untuk para pelajar dengan mobilitas tinggi dengan bobot hanya 1,3 Kg.  Kedua laptop ini di pasaran Indonesia dijual dengan harga mulai dari Rp6.699.000,- dan Rp6.899.000,-.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Cara Menghubungkan Keyboard Musik dengan Komputer

Film Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno Bahasa Indonesia

Apa yang Akan Terjadi di Kamen Rider ZiO Episode 35?