Ndaru

ilustrasi Ndaru
http://www.keywordlister.com/
Akhir bulan Maret 2018 untuk sebagian orang adalah Long Weekend, tapi engga buat saya karena ada tugas dari kantor untuk mengikut kegiatan di Sragen pada Sabtu, 31 Maret 2018, dan untuk berangkatnya adalah sehari sebelumnya yaitu pada Jum’at sore, 30 Maret 2018 menginap di Solo.
.
Total rombongan kita ada 6 orang, namun karena diminta untuk bawa 100 buah goodiebags maka dibagi dalam 2 tim. Saya semobil berdua dengan driver pak Siswoyo. Dalam perjalanan, diketahui bahwa pak Sis berasal dari Limbangan, Kendal. Berarti satu Kabupaten dengan saya, namun beda area. Daerah Saya di pantai, beliau gunung. saya cerita ke pak Sis mengelola website dan medsos yang mengulas tentang Kendal dan mengungkapkan keinginan saya untuk menggali informasi terkait dongeng atau cerita rakyat.
.
Mungkin dari hal ini, pak Sis kemudian bercerita mengenai fenomena Ndaru. Pak Sis bilang Ndaru itu ada 3 macam:
Pertama yang disebut sebagai Ndaru Wahyu adalah berkas cahaya yang muncul saat adanya pemilihan lurah alias pimpinan kelurahan. Berkas cahaya ini pindah dari satu calon ke calon yang lain. Intinya yang mendapat berkas cahaya ini akan mengapat anugerah. Mungkin bakal terpilih sebagai lurah.
Kedua, Ndaru Siwur. Beda dengan Ndaru Wahyu yang berpindah dari satu rumah ke rumah yang lain, Ndaru Siwur adalah sinar berbentuk seperti siwur alias gayung tradisional dengan kepala batok kelapa dan gagang kayu. Sinar Ndaru Siwur konon turun ke rumah orang yang akan meninggal.
Berikutnya adalah Ndaru Pusaka. Beda dengan Ndaru Wahyu dan Ndaru Siwur, sinar dari Ndaru Pusaka jatuh ke bumi. Mungkin diantara semak-semak. Jika orang mau menggali di sekitar tempat jatuhnya Ndaru Pusaka, konon dia akan menemukan keris.
Selain bercerita mengenai Ndaru, pak Sis juga memberitahu soal fenomena cahaya lain. Di malam hari, orang akan melihat seperti obor dari jauh, kian mendekat makin besar sinarnya. Bila ada orang coba bersiul, cahaya itu akan semakin mendekat. Konon fenomena in adalah makhluk halus, dimana masyarakat daerah Pakis menyebutnya sebagai KEMAMANG.
Pak Sis ternyata menyimpak banyak cerita rakyat/dongeng/mistis karena berasal dari daerah gunung. Ada juga ceritanya mengenai curug atau air terjun yang dibaliknya ada gua, dimana orang bilang gua itu kalau ditelusuri bisa tembus sampai daerah Demak. Tentu untuk mengetahui benar tidaknya harus diteliti lebih dalam. Pak Sis ini kakeknya adalah Dalang dan budaya jawa kental di keluarganya. Pak Sis masih suka dengan ketoprak dan wayang.

Minggu, 01 April 2018 [22:11] WIB

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Cara Menghubungkan Keyboard Musik dengan Komputer

Film Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno Bahasa Indonesia

Apa yang Akan Terjadi di Kamen Rider ZiO Episode 35?