Skip to main content

Dapat Surat Dari Google AdSense


Akhirnya surat dari Google AdSense nyampe juga ke tangan Gwe di minggu pertama Februari 2014, setelah bergabung kurang lebih dua tahun dengan program ini. Itu artinya iklan Google yang terpasang di postingan Blog maupun video YouTube Gwe sudah mencapai angka 10 dollar. Dan sesuai aturan program tersebut, nilai segitu belum bisa dicairin jadi duit. Setidaknya penghasilan iklan AdSense Gwe harus mencapi 100 dollar dulu. Berapa bulan atau taun lagi ye? Hehe.. Gwe harus lebih rajin lagi bikin tulisan di blog ama video di YouTube nih.

Soal Google AdSense ini sebenernya udah cukup lama ada di dunia maupun support-nya ke Indonesia. Tadinya sih Gwe kurang tertarik untuk nyoba nyari duit tambahan model begini. Kayaknya lama dan ribet gitu, meskipun konon kabarnya ada orang yang hidupnya bisa dari Google AdSense ini. Namun saat kuliah S2, tepatnya di tahun 2012, Gwe ketemu ama junior Gwe saat S1 sebut saja Mr. L. Katanya dalam sebulan dia bisa dapet sejumlah uang yang kira-kira lebih dari sebulan gaji Gwe ngantor. Nilainya naik turun tergantung dari traffic pengunjung websitenya dan click iklan di sana. Wah boleh juga nih, Gwe jadi kepincut.

Tadinya Gwe pesimis dengan program AdSense untuk blog karena Gwe pikir sekarang ini udah banyak banget orang yang bikin blog. Ratusan atau bahkan ribuan. Jadi peluang blog baru yang kita bikin bakal dikunjungi orang, rasanya kok mustahil bin mustahal. Gwe mundur sebelum maju, males ikutan program AdSense, meskipun untuk nge-Blog Gwe sebenarnya hobi. Ya buat nulis pengalaman pribadi ala diary gitu aja. Gak kepikiran untuk biar bisa dapet duit. Gwe tertariknya ama YouTube monetisation. Soal program ini udah pernah Gwe tulis di blog. Tadinya Gwe pikir bikin video lebih dikit saingannya, namun ternyata lebih susah prosesnya. Intinya monetisasi video YouTube sama sih, ikut iklan AdSense juga. Bedanya kalau di YouTube iklannya kayak video intro, atau link yang nempel di atas video gitu. Nah kalau yang di blog, iklannya nempel di dalem tulisan, dan bisa juga dipasang di header blog. So, iseng-iseng berhadiah lah Gwe ikut aja monetasasi YouTube sejak program ini diluncurkan sekitar tahun 2012, yang mensyaratkan untuk daftar di Google AdSense dulu. Dan beberapa waktu kemudian, karena tahu AdSense ini bisa juga dipasang selain di YouTube juga di blog, dan boleh lebih dari satu, sekalian aja lah Gwe pasang di blog-blog Gwe. Dan setelah bertahun-tahun nge-blog dan nge-vlog, akhirnya  Gwe dapet juga seupil peluang untuk dapet duit dari Google AdSense. Emang sih, Gwe kurang rajin update. Intinya kalau mau cepet dapet ya harus sering bikin video atau blog. Tapi ga boleh curang juga dengan plagiat tulisan atau nyomot video orang. Google gak suka orang yang curang, malah akun AdSense kita bisa dicabut kalau ketahuan. So, kalau elo pade pengin dapet dari duit dari Google AdSense, bikinlah blog dan video yang original, yang isinya menarik buat orang-orang. Promosiin kemane aja biar traffic pengunjung dan kemungkinan di-click iklannya tinggi.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Piramida Terbalik: Cara Jitu Membuat Artikel Menarik

Sebuah artikel yang baik haruslah padat dan informatif. Bukan malah bertele-tele, berputar-putar, atau malah diulang-ulang. Padahal sejak SD, kita sudah diajarkan menulis. Namun untuk bisa membuat tulisan yang terstruktur, menarik, dan enak dibaca memang ada suatu teknik khusus. Dalam dunia kewartaan teknik tersebut dikenal dengan istilah Piramida Terbalik , yang dilengkapi dengan rumus 5W+1H dalam menulis sebuah berita. Apa sih maksudnya? Tentu saja hal ini bukan mengenai suatu bangunan antik dari negeri Mesir, tetapi istilah ini untuk menggambarkan bagaimana cara kita menulis. Kalau Anda melihat piramida, bentuknya mirip dengan segitiga. Bagian atasnya adalah puncak, makin ke bawah makin lebar. Namun kalau piramida atau segitiga ini posisinya kita balik, terlihat bahwa bagian paling atas yang lebar atau luas, terus mengecil ke bawah menjadi titik runcing. Serupa dengan bentuk segitiga terbalik tersebut, suatu artikel akan lebih terstruktur apabila di bagian awal atau ...

Apakah Penghasilan dari Profesi Penulis Bisa untuk Hidup di Indonesia?

Sewaktu kuliah di program studi S1 Sastra Inggris sekitar 20 tahun lebih yang lalu, saya sempat ingin bekerja dan hidup sebagai penulis. Artinya saya berharap mendapat penghasilan yang layak dengan menjadi penulis, khususnya untuk karya fiksi. Secara konkretnya yaitu membuat novel. Saat itu iklim perbukuan cetak di Indonesia masih cukup baik. Orang masih banyak yang mau membeli buku, meskipun internet mulai menjadi budaya di masyarakat. Namun saat itu saya masih dalam fase belajar. Tak satupun naskah saya diterima penerbit mayor. Maka itulah kenapa saya akhirnya bersikap realistis dengan melamar kerja sebagai karyawan. Kesempatan naskah saya terbit akhirnya datang setelah saya bekerja sebagai karyawan. Namun dari penjualan novel/buku saya, ternyata hasilnya kurang menggembirakan. Memang ada royalti, tapi tidak terlalu banyak. Hanya sekedarnya buat jajan. Seolah bahwa penghasilan dari menulis hanyalah sambilan. Padahal pada kenyataannya, untuk menghasilkan suatu karya yang menarik, butu...

Preview Episode 08 – Kamen Rider Zeztz

Pendahuluan Serial Kamen Rider Zeztz, yang dikenal sebagai bagian dari waralaba tokusatsu Kamen Rider Series, mengusung tema “mimpi sebagai misi” di mana sang protagonis Baku Yorozu (diperankan oleh Ryutaro Imai) memasuki dunia mimpi sebagai agen rahasia untuk melawan makhluk yang disebut Nightmares. ( Kamen Rider Wiki ) Untuk Episode 08 (judul Jepang: Case8: Entertain/饗(もてな)す , Motenasu) — seperti tercatat di daftar episode resmi. ( Kamen Rider Wiki ) Dalam preview-nya, muncul sebuah lokasi baru yang menarik: sebuah restoran klasik bernama Royal Jōkin , yang telah berusia seabad, dan menjadi pusat dari konflik cerita kali ini—bercampur antara tradisi kuliner dan ancaman senjata biologis. Berikut adalah ulasan lengkap preview Episode 08: latar cerita, poin kunci konflik, karakter yang terlibat, serta beberapa spekulasi dan hal yang layak diperhatikan. 1. Latar Cerita & Konflik Utama Royal Jōkin adalah restoran yang sudah berusia sekitar satu abad – sebuah warisan kuliner yang...