Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Thursday, October 20, 2011

Srimping, Ternyata Sejenis Kerang, bukannya Udang

Jadi ceritanya Gwe sehabis pulang dari kos dan belanja keripik Ma Icih mau makan malem. Gwe lagi bingung mau makan apa. Awalnya si pengin Soto Bangkong, tapi karena kejauhan udah nyampe Pandanaran masak harus balik ke MT Haryono. Jadinya Gwe pindah mau makan di Soto Pak Man di daerah skitar kantor harian Wawasan. Eh nggak tahunya sotonya abis. Kecewa sih, walaupun Gwe nggak begitu ngefans makan soto di situ. Nah, masi kelaperan maka Gwe gentayangan ke daerah Taman KB. Bukan, Gwe nggak bermaksud nyari banci di sana. Gwe mau nyari makan lah. Sekarang Taman KB udah steril loh. Malah banyak pedagang makanan di sono, dan enak buat nongkrong muda-mudi. Pas lagi melayang-layang pake motor gitu Gwe liat satu warung kaki lima yang ada tulisannya Srimping! Satu kata yang jarang banget, malah baru kali ini Gwe liat di warung tenda gitu, dan di Semarang pula.

Yang Gwe pernah inget, Srimping atau Shrimping atau Srimpi itu sejenis udang. Bentuknya emang beda, tapi kalau digoreng rasanya mirip abis. Gwe pertama kali tahu seafood satu ini waktu masi kecil. Kalau nggak salah dulu nyokap Gwe pas masi kerja. Jadi ceritanya nih, nyokap Gwe waktu itu kan teller di salah satu bank pemerintah. Suatu ketika ada nasabahnya yang kerja di perusahaan seafood di daerah Kendal yang ngasi shrimping ke nyokap. Trus sama nyokap tuh shrimping digoreng. Enak sih, cuman nggak bisa nambah, coz di pasar di daerah Kendal kaga ada yang jual. Denger-denger tuh hasil laut emang kaga dijual ke rakyat, tapi di-ekspor ke Taiwan, Korea, trus mana lagi gitu. Mungkin Karena harganya yang mahal, dan lebih menguntungkan buat diekspor.

Nah, setelah bertahun-tahun itu ada rasa dalam dada ini kepengin untuk makan shrimping lagi, tapi gak tau nyarinya dimana. Pucuk dicinta ulam pun tiba-tiba ada, secara gag sengaja akhirnya Gwe ketemu shrimping juga. Pas liat warungnya Gwe sempet khawatir, nih warung sepi, tebakkan Gwe kalau ngga masakannya ga enak, ya pasti harganya mahal. Tapi Gwe pengin, apa daya. Nah, pas Gwe duduk dan nanya harga shrimping, agak tertohok juga. 25rebu seporsi. Trus menu laennya: nasi 4rebu & teh anget juga 4rebu. Mahal amir, batin Gwe. Ini mah kayak harga kaki lima Jakarta (Di Jakarta teh aja masih ada yang 2rebu ato 3rebu). Tapi yak arena udah kadung duduk, masak Gwe kabur gara-gara tahu harganya mahal. Tengsin dong. Sekali-sekali boleh lah makan mahal, asal gag tiap hari. Bisa bangkut Gwe. Yang bikin aga males lagi adalah jenis saus masakannya. Yang ditawarkan adalah Srimping Mentega dan Srimping Saus Tiram. Gwe penginnya sebenarnya masakan yang khas buat shrimping. Kalau dimasak Mentega ama Saus Tiram mah sama aja kek seafood laen: Udang, Cumi, Kepiting, dan itu udah umum di Jakarta. Tapi yaudahlah, akhirnya Gwe pesen saus tiram aja. Setelah nunggu beberap menit, agak lama akhirnya masakannya dateng. Aga kaget juga Gwe, ternyata Shrimping ini bukannya lebih family ke udang, eh ternyata sejenis kerang. Ada katupnya gitu. Dan mulailah Gwe makan. Eh, ternyata enak juga dimasak saus tiram. Ya, jadi agak termaafkan lah. Meski Gwe tetep ngerasa harganya mahal.

Pas mau abis gitu, bos warungnya Gwe ajak ngobrol. Dari situ Gwe dapet mayan banyak informasi. Shrimping yang tadinya Gwe pikir hanya diekspor, ternyata dijual juga di pasar Kobong Semarang. Katanya sih asalnya dari laut sedang ato laut dalam di daerah sayung, demak ato laut daerah pekalongan. Gwe gag pernah nemuin Shrimping waktu di Jakarta. Hal ini diamini ama si bos warung. Hm.. tau gini Gwe jadi pengin belanja aja, siapa tau bisa dapet lebih murah. Eh, besok2nya pas Gwe nanya nyokap, katanya Shrimping juga banyak dijual di Kendal. Beliau nggak pernah beli karena ngira Gwe ngga doyan. Jyaah… Ntar lah Gwe minta nyokap beli & masakkin. Suatu waktu di Pasar Ikan deket rumah Gwe beli cumi sekilo 22 rebu. Buat patokan aja, mudah2an harga shrimping gag lebih mahal. Nyam.. kamu mau nyoba? ;)
Wednesday, September 28, 2011 [21:56] – [22:28] WIB
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.