Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Monday, February 12, 2024

LPDP: Beasiswa S2 dan S3 dengan Pembiayaan Penuh

Kesempatan kuliah S2 dan S3 bagi yang berprestasi di masa kini terbuka lebar. Pemerintah memiliki suatu lembaga yang memfasilitasi anak bangsa untuk dapat menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi terbaik, baik dalam negeri maupun luar negeri. Khususnya untuk dalam negeri untuk Program Studi yang akreditasinya A atau Unggul. Setiap tahunnya Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membuka 2 (dua) kali tahap pendaftaran. Biasanya di bulan Februari dan Agustus. Untuk tahun 2024 ini Tahap 1 akan ditutup pada hari ini Senin, 12 Februari 2024. 

Beasiswa LPDP memberikan pendanaan penuh untuk biaya pendidikan, penelitian, bahkan untuk hidup. Jadi para penerima beasiswa yang disebut awardee justru tidak diperbolehkan bekerja, supaya fokus dalam pendidikannya. Namun tentu saja untuk mendapatkan beasiswa ini perlu melalui seleksi yang ketat. Pertama adalah syarat administrasi. Di antaranya pendaftar harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni dibuktikan dengan sertifikat yang sesuai. Selain itu masih ada syarat-syarat lain, di antaranya adalah menulis Penilaian Diri dan membuat Essai terkait komitmen kembali ke Indonesia (khususnya yang mengambil kuliah di luar negeri) dan Rencana Pasca Studi. Berikutnya peserta akan melaksanakan Tes TPA. Namun bagi yang sudah memiliki surat diterima Perguruan Tinggi, yaitu Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bisa melalui tanpa tes TPA langsung lanjut ke Tes Substansi. Tahap terakhir inilah yang peserta seringkali gagal. Nama lainnya adalah tes wawancara. Jadi peserta akan menghadapi 3 pewawancara yang kemungkinan terdiri dari: 1 orang pihak lpdp, 1 orang expert di bidang keilmuan yang peserta daftar, serta 1 orang psikolog. Namun jika peserta bisa membawa diri dengan baik, tidak keliru ngomong, bisa menginformasikan kebenaran tulisan tentang dirinya, Insyaallah akan lolos di tahap ini dan akan diterima sebagai Awardee LPDP.

Beasiswa ini terbagi menjadi beberapa tipe, ada yang untuk Umum, PNS/TNI/Polri, daerah affirmasi, dan yang bekerjasama dengan kampus luar negeri tertentu.

Hmm... Sepertinya menarik ya? Untuk selengkapnya silakan kamu buka website LPDP dan pelajari dengan baik. Semoga cocok:

https://lpdp.kemenkeu.go.id/

Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.