Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Saturday, February 17, 2024

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18. Kedua laptop tersebut membuat saya terpana, sesaat begitu memasuki Ruang Nimbo, Hotel Awann Sewu, Semarang pada Jumat sore, 16 Februari 2024 dalam memenuhi undangan kegiatan “ROG Innovation Blogger Gathering Roadshow”.

Di meja pajang, saya melihat kedua laptop tersebut memiliki layar yang lebar. Cocok untuk memanjakan pandangan mata, terutama para game enthusiast. Itulah ciri khas laptop gaming. Lebih lanjut dalam paparannya, Muhammad Firman, Head of Public Relations ASUS Indonesia menjelaskan bahwa ROG Strix SCAR 16/18 dibekali dengan layar ROG Nebula HDR yang menggunakan panel Mini LED. Sementara untuk ROG Strix G16/G18 dibekali dengan layar ROG Nebula Display. Dengan dukungan standar HDMI 2.1 baru, total bandwidth laptop ROG Strix meningkat dari 18Gbps menjadi 48Gbps, sehingga memungkinkan gamer mendapatkan video berkualitas tinggi hingga 4K 120Hz atau bahkan 8K 60Hz dengan HDR10+ dan eARC. Dengan mendapatkan video dan audio definisi tinggi generasi berikutnya, gamer dapat mengeluarkan kekuatan penuh dari GPU RTX mereka untuk pengalaman bermain game dan menonton yang benar-benar imersif.

Berikutnya, Muhammad Firman menjelaskan bahwa keduanya dirancang sebagai laptop paling powerful. Tak hanya dari sisi luar saja, sebagai motor penggerak utama ROG Strix SCAR 16/18 dibekali dengan CPU Intel® Core™ i9-14900HX dengan TDP hingga 65W, serta GPU NVIDIA GeForce RTX™ 4090 dengan TGP hingga 175W. Dengan kekuatan ini, diyakini semua game yang beroperasi di platform PC bisa dijalankan. Sedangkan ROG Strix G16/G18 ditenagai oleh CPU hingga Intel® Core™ i9-14900HX dengan TDP hingga 65W.

Risiko laptop dengan kinerja yang tinggi adalah hardware mudah panas. Untuk itu kedua tipe ROG Strix tersebut didukung sistem pendingin tiga kipas yang dapat menjaga suhu operasionalnya secara optimal. Khusus untuk ROG Strix Scar, dengan performanya yang sangat kencang, laptop gaming ini juga sangat ideal untuk eksperimen AI.

Ketika hands on, saya menemukan satu tombol unik di panel keyboard laptop, yaitu logo ROG. Ternyata begitu ditekan, berjalanlah aplikasi Armoury Crate. Fitur ini memungkinkan tuning performa, termasuk pengaturan clockspeed dan fan curve, serta opsi untuk mematikan core CPU tertentu, dan mendukung penyesuaian performa untuk kebutuhan eksperimen AI. Demikian penjelasan dari Nadia Soputan, Marketing in-Training ASUS Indonesia, yang juga hadir pada event yang dihadiri para blogger Kota Semarang ini.

Suara juga termasuk elemen yang penting dalam bermain game. Audio menentukan suasana hati dan memberi pemain game isyarat terkait lingkungan di dunia game. Dari sisi audio, ROG Strix dilengkapi dengan suara surround Dolby Atmos menambah kedalaman dan arah audio, membantu gamer menentukan posisi dan pergerakan musuh. Smart Amp meningkatkan volume karakter game. Bahkan membuat langkah kaki yang lembut menjadi jelas. Obrolan suara menjadi lebih jelas dengan peredam bising, yang menghilangkan suara yang tidak diinginkan yang berasal dari mikrofon masing-masing gamer.

Guna memberikan aksesibilitas permainan game online secara cepat, ROG Strix dilengkapi LAN 2,5Gbps. Hardware ini tidak hanya memungkinkan koneksi stabil untuk menyelamatkan pengguna dari masalah jaringan yang lemah, namun juga meningkatkan kecepatan transmisi 2,5x dari Gigabit LAN standar. Karena itu pengguna ROG Strix dapat mengandalkannya untuk mudah menangani tugas-tugas intensif data di kantor atau di rumah.

Berikut adalah rincian lengkap fitur yang dimiliki oleh masing-masing tipe ROG Strix: 


Dengan berbagai fitur tersebut menjadikan ROG masih menjadi laptop gaming terbaik di Indonesia.

Republic of Gamers alias ROG adalah laptop besutan ASUS selama ini telah dikenal memiliki kehandalan dalam bidang grafis dan kinerja yang memuaskan, terutama untuk para pemain gim atau gamers. Nah, di tahun 2024 ini, khususnya bulan Maret nanti, ASUS akan segera melengkapi jajaran laptop gaming terkininya yang tak hanya menyenangkan untuk bermain gim, tapi juga handal untuk membuat konten, serta eksperimen AI.

Ada 3 lini utama dari ROG yang akan segera hadir tersebut. Menurut Muhammad Firman, selain seri ROG Strix, akan hadir seri ROG Zephyrus G yang sangat stylish dan seri TUF Gaming yang menyasar gamer pemula.

Lebih lanjut, Muhammad Firman mengatakan  terdapat 5 aspek yang menjadi benang merah di antara jajaran laptop gaming tersebut, yaitu dari sisi inovasi ringan dan kokoh, dari sisi desain futuristik, kinerja yang powerfull, sistem pendinginan yang cerdas, serta layar monitor swift display.

Wah, kayaknya keren dan seru ya Gaes, laptop-laptop dari ASUS ini. Tertarik untuk mencoba dan punya?

Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.