Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Monday, January 1, 2024

Recap 2023 & Resolusi 2024

Satu kata terkait blog saya sendiri di hari pertama tahun 2024 ini, yaitu Terkejut!

Iya, saya sendiri terkejut setelah menyadari bahwa rupanya saya lama tidak membuat tulisan alias blog Recap & Resolusi pada akhir 2019, 2020, 2021, dan 2022. Berarti 4 tahun absen. Saya kira saya sudah nulis di laptop, tapi lupa posting. Namun kenyataannya memang tidak ada file tersebut di dokumen setelah saya search. Apakah saya sengaja? Atau alpa? Entahlah, karena saya merasanya bikin setiap akhir sebuah tahun menuju suatu awal tahun. Setidaknya tahun 2022 kemarin, tapi kenyataannya “File not found!”

Yasudahlah, setidaknya walau terlambat, saya tersadar. Maka meskipun tidak ditulis di akhir 2023, dan hari pertama 2024 belum bisa menyelesaikan, setidaknya saya akan mulai menulis lagi terkait “Recap & Resolusi”. Mungkin Recap dulu ya langsung rapel 5 tahun 2019 s.d. 2023, seingat saya saja tentunya… Let’s just begin


Recap 2019, 2020, 2021, 2022, 2023:

1.      Blogger/Influencer Story

Dari dashboard blogger.com, khususnya untuk https://www.jagoanku.net/ alias yozarremixer.blogspot.com tercatat ada 204 postingan, dan views mencapai 156.844. Khusus untuk tahun 2019 postingan mencapai 26, sedangkan pada tahun 2020 s.d. 2023 tidak banyak postingan. Mungkin saat itu karena pandemi dan pascanya keterusan nggak produktif ngeblog. Satu hal yang bisa jadi catatan adalah blog lain, yaitu Showbiz Indonesia dan Flawless Fantasy sudah dipensiunkan. Keliling Kendal dimigrasikan ke blogspot dari Dewa Web, tapi banyak elemen yang hilang, dan tak terurus. 2019 mungkin bisa dibilang adalah masa kejayaanku untuk gaul, baik sama blogger maupun dengan admin Instagram Kendal.

Tahun 2019 berhasil mengumpulkan para YouTuber Kendal untuk membentuk komunitas Kreator Kendal, dengan saya sebagai Komandan dan Rangga Azmihuda sebagai wakil. Logo dibuat oleh Ulinnuha, sang sutradara dan pemerhati seniman, Ketua Kendali Seni Kendal 2018. Saat itu project besar kita YouTube Rewind Kendal 2019 berhasil dilaksanakan, khususnya karena banyak sponsor juga yang mendukung, hasil jerih payah mbak Hima dalam penggalangan dana. Kami juga bermitra dengan Dinas Pariwisata Kendal terkait tempat syuting di Curug Sewu Patean/Sukorejo.

Saya memutuskan rehat di awal tahun 2020 karena memang saat itu aku aku fokus cari pendamping hidup, tapi secara mengejutkan beriringan dengan munculnya pandemi. Rangga cs. Meneruskan membuat YouTube Rewind Kendal tahun 2020 dan sepertinya setelah itu komunitas ini vakum.

2.      Love Story

Keputusan untuk pension/menarik diri dari banyak pergaulan demi focus mencari pendamping hidup ternyata diiringi oleh hadirnya Pandemi Covid-19. Kegiatan pun jadi terbatas, selain juga karena sempat sakit terinfeksi covid. Namun karena izin Alloh dan doa ortu tentunya, maka dipertemukanlah saya dengan seorang Perempuan kemudian menikah pada 2020. Kami dikaruniai seorang putra pada 2021. Banyak yang berubah dan penyesuaian setelah pernikahan dan pandemi, seperti pergaulan serta kegiatan dalam hidup.

3.      Office Story

Setelah beberapa tahun bekerja sebagai humas, maka 2021 alih tugas sebagai auditor internal, kemudian 2022 alih tugas sebagai penyusun program unit Bahasa, dan akhir mendapatkan surat tugas 2023 untuk beralih sebagai pengelola lab. Bahasa untuk tahun 2024.

Ada satu hal yang signifikan, yaitu pada Maret 2022 secara resmi menjadi pengajar, sehingga dampaknya tentu pada prioritas kerja, meskipun tugas tambahan tetap dijalankan dengan sebaik mungkin. Sebagai pengajar ada banyak target yang harus dicapai, sehingga fokus utama kegiatan sekarang ke sini. 2023 mulai tertarik untuk kuliah lagi, namun gagal dalam proses pengajuan beasiswa. Masih binggung juga mau lanjut ke mana. Sudah survei ke beberapa tempat dan mendapat masukan juga dari teman/kenalan.

4.      Writer Story

Dunia fiksi slow aja. Beberapa novel/buku cerita terbit secara indie, namun bersyukur pada 2022 mendapatkan anugerah sebagai Juara 1 dalam Novel Kendal Award 2022. Naskah lama, Gwe update dengan kondisi terkini dan alhamdulillah berhasil mendapatkan seekor kambing keturunan etawa, yang karena ga mungkin memelihara, jadi ditukar. Silakan order “Di Antara Kau dan Dia” jika Anda tertarik.

Sebenarnya ada peluang mendapatkan penghasilan besar di platform seperti KBM Apps, Karya Karsa, Wattppad, serta yang dalam Bahasa Inggris adalah Amazon KDP (Kindle Direct Publishing), namun sementara ini saya belum bisa fokus ke sana.

5.      Musical Story

Kemampuan FL Studio berjalan slow aja, meskipun 2023 aplikasi ini makin canggih aja karena bisa bikin minus one/acapella dengan baik. Fokus kegiatan dan target di kantor cukup menyita waktu dan perhatian, selain karena merasa tidak berbakat di bidang musik. Bahkan sempat menolak permintaan pimpinan karena memang tidak sanggup membuat komposisi lagu.

6.      YouTube & Medsos Story

Pasca 2018, traffic YouTube saya makin menurun, dan beberapa kali terkena copyright strike. Kondisi terakhir 2023 channel utama masih menghasilkan, namun views & penghasilan rendah. Tidak berani membuat konten seperti dulu lagi, namun belum bisa menghasilkan karya yang fantastis. Ditambah lagi selentingan kabar bahwa algoritma YouTube & Penghasilannya makin rendah. Mungkin akibat munculnya medsos baru seperti Tik Tok, IG Reels, dan saya sendiri belum bisa focus menjajal YouTube Shorts. Channel yang lain sudah diputus partnershipnya karena watch time kurang dari 4.000 jam tayang.

Owya, tahun berapa saya lupa, tiba-tiba dikeluarkan dari grup WA Admin IG Kendal oleh admin Explore Kendal. Tidak ada penjelasan apa pun darinya terkait pengeluaran/kick out itu.

7.      Enterpreneurship Story/Investment Story

Meskipun memiliki Hasrat untuk usaha, namun saya memutuskan untuk tidak melangkah karena kuatir tidak bisa menghandle. Alhasil saya belajar dan mencoba sejumlah instrument investasi pada 2021, seperti Crypto di Toko Crypto, Reksadana (Pendapatan Tetap, Saham, Pasar Uang) & Obligasi Pemerintah (SBN) di Bareksa dan BCA Welma, serta Deposito (BSI, BTN Syariah). Di Crypto, investasi saya anjlok, mungkin karena saat itu global sedang masalah perang Ukraina-Rusia, namun saya enggan melepas menunggu kondisi kondusif. Ada yang bilang 2024 akan membaik. Mudah-mudahan sih. Untuk Reksadana, saya anjlok di Saham, yang lainnya bagus. Untuk Obligasi Pemerintah (SBN) paling aman dan menghasilkan paling tinggi, tapi saya investasi sedikit, karena dana harus dikunci lama: 2-3 tahun, baru bisa dicairkan. Untuk yang relative aman tapi returnnya sedikit ada di deposito.    

 

Resolusi 2024

Tidak banyak jumlahnya, namun membutuhkan effort yang besar untuk mendapatkannya. Alhamdulillah kalau banyak yang mendoakan, mendukung, dan membantu.

Sejumlah hal yang ingin saya capai di tahun 2024 ini di antaranya adalah:

1.      Naik Pangkat dan mendapatkan serdos

2.      Dapat Beasiswa dan lanjut kuliah

3.      Fokus menulis untuk pasar global serta mendapatkan cukup rizki untuk punya rumah yang layak/sesuai harapan buat keluarga

 

Selamat Tahun Baru 2024

Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.