Saturday, October 27, 2018

Selamat Hari Blogger Nasional ke-11 Tahun 2018

Pagi ini nggak sengaja tatapan Gwe tertuju pada Trending Topic No. 1 Twitter. Di situ tertulis #HariBloggerNasional dengan tweets terakhir saat Gwe bikin tulisan ini ada sebanyak 2.983. Belakangan ini memang Gwe beberapa kali ikut acara yang melibatkan Blogger-blogger Semarang, dan baru merasa jadi blogger beneran. Walau sebenarnya Gwe udah cukup lama ngeblog, sampai lupa dari kapan.
.
Barusan Gwe coba iseng Googling, siapa tahu masi ada rekam jejak Gwe ngeblog. Gwe pakai kata kunci “Blogfam yozar” karena seinget Gwe dulu pernah ada di komunitas tersebut walaupun cuman sebagai pengamat. Gwe lupa masuk ke komunitas itu di forum internet blogfam atau mana. Karena di tahun 2000an belum ada FaceBook maupun fitur Grup-nya. Yang ada selain blog personal, ya tempat ngumpul bisa milis (mailing list) email yahoo atau forum-forum internet. Pengguna internet bisa juga ngumpul di irc chat seperti MiRC.
.
Alhamdulillah gayung bersambut, ternyata Gwe mendapatkan backup dari akun multiply Gwe di blogspot. Ya, dulu pernah ada Media Social untuk berjejaring gitu setelah adanya Friendster, dan sebelum lahirnya FaceBook, namanya Multiply yang menurut Gwe populer banget di Indonesia. Multiply dulu ramai karena pengguna bisa mengupload lagu-lagu mp3 secara gratis, terus fitus pertemanan dan saling komentarnya asyik. Namun sejak upload mp3 dilarang, lambat laut Multiply sepi trus tutup, dan karena itu segala blog Gwe pun lenyap. Alhamdulillah ternyata saat itu sempet Gwe memback-upnya ke Blogger alias Blogspot, atau memang itu otomatis? Pastinya Gwe lupa. Yang jelas backup itu ada di internet di alamat: jurnal-multiply-yozar.blogspot.com
.
Dari situ ketahuan kalau ternyata Gwe udah ngeblog di tahun 2006. Entah itu tulisan pertama Gwe atau bukan. Yang pasti, hobi nulis udah mulai Gwe jalanain sejak tahun 2003 memenangkan lomba cerpen di kampus, sedangkan Gwe mulai mengenal internet sejak tahun 1999 atau 2000 Gwe lupa pastinya.
.
Nah Gwe baru tahu sekarang tuh ada Hari Blogger Nasional. Browsing-browsing tentang sejarahnya, nemu di web-nya Kompas. Ternyata Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Muhammad Nuh, Menteri Komunikasi dan Informatika pada 27 Oktober 2017 pada pembukaan Pesta Blogger saat itu. Jadi rupanya sejarah blogger di Indonesia cukup panjang. Sampai hari ini sudah 11 tahun, dan ternyata Gwe sendiri udah 12 tahun ngeblog tanpa sadar, hehe.. maksudnya nggak ngeh udah ngeblog selama itu. Karena selama ini ngeblog Gwe lakukan di saat senggang. Kontennya sih variatif, ada curhat, memuat ide, pemikiran, review, kritik, dan lain sebagainya. Sempet juga punya blog khusus musik elektronik karena saat itu Gwe lagi kecewa dengan nulis fiksi terkait royalti dan bisnis penerbitan, dan beralih dari nulis ke maen musik elektronik.
.
Melihat rekam jejak Gwe di internet, mungkin ya itu, Gwe pertama kali ngeblog di Multiply. Tentu saja karena gratisan. Nggak kepikiran untuk beli yang resmi. Selain itu, Gwe ngeblog juga di blogspot alias blogger.com lalu juga di wordpress.com. Gwe lalu tahu kalau lewat blogger yang merupakan milik Google, bahwa di Blogspot bisa dapat duit dengan mendaftarkan diri lewat Google AdSense. Statusnya adalah Adsense Hosted. Entah kenapa Gwe ga tertarik di blog dalam negeri seperti detik atau Kompasiana. Padahal cukup populer di kalangan netizen. 
.
Perkembangan berikutnya Gwe lalu tahu ternyata AdSense juga bisa digunakan di wordpress, tentu dengan membeli domain alias alamat web resmi, semisal yang extensionnya .com atau .id. Baru sekitar tahun 2016 Gwe beli website resmi di alamat: www.showbiz-indonesia.com Gwe lalu beli domain baru www.kelilingkendal.com namun tetap nebeng di servernya showbiz. Karena gagal terus dalam pengajuan AdSense Non-Hosted dan Gwe butuh suatu domain baru untuk menyalurkan tulisan/siaran pers/berita untuk kerjaan, maka Gwe belilah indonesiabaik.id dengan server masih neben Showbiz juga. Saat ini domain tersebut sudah dijual.
.
Selama 12 tahun ini ternyata Gwe hampir selalu sendiri dalam ngeblog. Yah yang penting nulis lah. Mau ada yang baca syukur, enggak ga masalah. Komentar dari blogger lainnya pun jarang. Gwe suka salut sama blogger yang populer banget, sampai kolom komentar postingannya diisi puluhan atau bahkan lebih. Lambat laun Gwe merasa butuh temen. Mungkin untuk belajar. Berbagi pengalaman alias sharing juga bisa. Pasti ada positifnya lah kalau ketemu orang dengan hobi yang sama. Selain karena Gwe merasa perkembangan Gwe lambat banget.
.
Lingkaran terdekat Gwe dari remaja kegemarannya yang terkait teknologi adalah maen game, sementara Gwe sendiri udah ga begitu minat lagi ngegame. Gwe suka ngegame itu ternyata sebenernya yang Gwe sukai adalah ceritanya. Dan cerita erat kaitannya dengan hobi Gwe dalam bidang tulis menulis. Akhirnya setelah Gwe balik lagi ke Semarang 2017 dari kerja di Jakarta, Gwe mulai lah cari-cari komunitas Blogger.
.
Gwe selalu yakin, kalau ada niat, pasti ada jalan. Pintu menuju komunitas blogger itu terbuka dari awalnya Gwe dateng ke kumpulan komunitas YouTuber di Coworking Space impala di kota lama. Tentang konsep Coworking Space ini Gwe mulai mengenal sejak kerja sebagai Tenaga Humas Pemerintah (THP) Kementerian Kominnfo dan ditugaskan di Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Beberapa kali acara Bekraf di Coworking Space. Ternyata di Semarang juga mulai tumbuh.
.
Dari mengamati akun InstaGram Impala, Gwe ikut ToT dan akhirnya jadi trainernya Gapura Digital, lalu ada info acara komunitas blogger, dan terus berlanjut seperti bola salju, akhirnya Gwe sedikit demi sedikit mengenal Blogger Semarang dan sekitarnya. Blogger pertama yang Gwe temui adalah Agustina Dwi Jayanti. Kita ketemu ngobrol di acara pelatihan foto temen-temen komunitas Google Local Guides Semarang. Dari Tina Gwe diceritain mengenai DA dan PA, semacam ranking untuk blog. Dulu Gwe tahu pernah ada namanya Google Page Rank, yang rupanya udah ga ketahuan kabarnya lagi.
.
Di komunitas Blogger area Semarang dan sekitarnya, yang Gwe amati dari pemberitaan adalah mba Dedew alias Dewi Rieka, yang sama-sama seperti Gwe penulis buku. Gwe tahu dia karena nyaris satu penerbit, tapi ga jadi karena Gwe narik naskah dari sana. Mba Dedew ini ga cuman blogger tapi juga pembina/founder komunitas Gandjel Rel. Dia aktif juga di Blogger Perempuan. Lalau Gwe mulai mengenal juga mba Nia Nurdiansyah yang mengelola Titik Tengah Production. Patnernya mba Nia ada Ira Sulistana. Sewaktu di Bekraf Gwe juga sempet cari tahu/googling apa ada blogger di kampung Gwe, Kendal, ternyata ada yang namanya Nyi Penengah Dewanti. Terus ada banyak nama blogger lainnya, kalau Gwe sebutin satu-satu bakal lebih dari tiga halaman tulisan ini. Yang pasti sebagian Blogger Semarang adalah anak Genpi alias Generasi Pesona Indonesia. Mereka adalah komunitas pegiat pariwisata, yang salah satu garapannya adalah Pasar Karetan di Boja, Kendal.
.
Selanjutnya Gwe juga ngajak Nyi, Zain, Ismy, Cici, dan Huda untuk bikin Komunitas Blogger Kendal yang dideklarasikan pada awal 2018 ini dengan Nyi sebagai ketuanya. Gerakkan kita memang belum banyak, seringnya masih di chat grup aja, meskipun masing-masing juga aktif ngeblog secara pribadi.
.
Lalu di bidang AdSense Gwe juga butuh upgrading. Sebenarnya udah sering ada seminar atau workshop yang diadakan orang, tapi Gwe-nya pesimis dan skeptis. Bener apa hanya sekilas aja ilmu yang diajarkan di situ? Percuma juga kalau Gwe dah tahu. Namun Gwe akhirnya ikut juga ketika salah satu panitia acaranya adalah Heri Triluqman, adek kelas SMA Gwe yang jadi dosen di Unnes. Gwe percaya dia karena itu Gwe mau ikutan workshop yang diadain MenujuOnline.com
.
Rupanya di workshop ini selain ngeblog gratis di blogger, juga diajarkan untuk meningkatkan kunjungan dengan menarik pengunjungan lewat FB Ads dan FB Page. Ini adalah hal baru buat Gwe. Kalau lihat Heri dan suhu-suhu yang di situ kayaknya penghasilannya bisa ratusan ribu per hari Gwe juga ngiler. Tapi setelah Gwe praktek sendiri kok hasilnya susah. Karena itu Gwe merasa perlu upgrading lagi, khususnya memperdalam soal FB Ads dan FB Page, disamping juga optimasi template blog.
.
Nah itulah kisah 12 tahun perjalanan ngeblog Gwe. Secara materi mungkin udah banyak yang Gwe tulis/posting, namun secara manfaat ekonomi belum terlihat signifikan. Ke depan Gwe pengin bisa lebih fokus nulis tentang topik buku dan tulis. Mungkin juga lebih fokus lagi ke folklore, dongeng, legenda, dan cerita fantasi. Ga sekedar di blog sih, tapi saling berkaitan di YouTube sebagai AuthorTube dengan tema serupa. Juga di MedSos lain seperti InstaGram, FaceBook, Pluk Me, dan mungkin merambah ke plaform kepenulisan seperti Wattpad dan Storial. Mudah-mudahan Gwe bisa istiqomah. Aamiin..
.
So.. Mari kita nulis dan bagikan informasi yang positif, dengan rasa, dan dilengkapi data dan fakta yang akurat. Semangat ngeblog juga buat kamu.  

Selamat Hari Blogger Nasional ke-11 Tahun 2018!

2 comments:

2 komentar:

Nur khafid said...

Selamat Hari Blogger Nasional

Yozar Firdaus Amrullah said...

Sukron, Masama

Post a Comment