Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Friday, December 13, 2013

Recap 2013 & Resolusi 2014



Gosh! Ternyata Gwe nyaris gak nulis buat blog ini hampir selama setahun. Postingan inilah satu-satunya tulisan Gwe untuk tahun 2013 ini. Well, Gwe sebenarnya gak absen ngeblog, cuman Gwe lebih konsen ke alamat laen, seperti musisidigitalindonesia.blogspot.com dan tontoninternet.blogspot.com , Gwe juga bikin sejumlah Fan Page di FaceBook, seperti: UNYUversitas, masihmenanti, dan Cewek Karaoke. Soal kehidupan pribadi nggak Gwe nyaris gak pernah Gwe bahas sama sekali, tapi oke deh, sebagai bahan pengingat atau rekam jejak kehidupan, maka Gwe recap saja apa yang udah terjadi di tahun ini dan apa yang Gwe programkan untuk dilakukan di tahun depan:



Recap 2013
:
1.    Office Story
Awal ditunjuk menjadi kepala unit sekaligus merangkap humas di kantor, Gwe bisa menerima keadaan ini. Gwe merasa belum layak, belum waktunya jadi seorang kepala, dan masih lebih nyaman jadi anak buah. Namun hal itu sudah jadi keputusan pimpinan tertinggi, mau gak mau amanah ini harus Gwe jalani. Untungnya sih di unit yang Gwe pegang ini staff nya masih dikit, yaitu 2 (dua) orang. Walau begitu secara pengalaman, beliau berdua ini lebih senior karena sudah lebih dulu kerja di instansi Gwe, bertahun-tahun sebelum Gwe masuk. Tantangan Gwe adalah mengelola organisasi ini dengan bekerjasama dengan mereka. Selaen itu Gwe juga merasa ada kewajiban untuk memberikan kesejahteraan, meskipun tidak ada ketentuan secara tertulis. Maka mulai saat ini lah Gwe tidak hanya belajar untuk mengurus diri sendiri, tapi juga memimpin orang lain. Dimulai dari sebuah unit kecil, dimulai dari sedikit orang.

Alhamdulillah, meskipun belum bisa sepenuhnya sehebat pemimpin lain, kita bisa survive, walaupun dengan tertatih-tatih.. dengan harus menangani berbagai pekerjaan, termasuk penyiapan sebuah event Expo Internasional. Tupoksi kita sendiri kadang terpaksa terabaikan.

-->

Lalu tak hanya mengelola dua staf, beberapa waktu kemudian ada juga adek-adek yang Praktek Kerja Lapangan (PKL) di tempat kita. Suasana jadi lebih ramai, pengelolaan sedikit lebih kompleks, namun kehadiran mereka sangat membantu kami.

2.    Teaching Story
Di semester genap Gwe hanya mengajar kelas tambahan bahasa Inggris. Hanya 2 (dua) kelas. Alhamdulillah Gwe bisa mengelola pengajaran, seiring dengan mengerjakan pekerjaan harian dan kuliah. Namun berikutnya di semester ganjil, mendekati event expo internasional, Gwe keteteran. 2 kelas tambahan materi bahasa inggris dan 2 kelas komputer terpaksa tidak bisa full Gwe ajar. Bahkan sampai tulisan ini ditulis Gwe masih ada hutang sama para taruna.

3.    Study Story
Semester genap (semester 2) di kuliah S2, adalah masa yang penuh tantangan. Mata Kuliah full dan tugas juga banyak. Alhamdulillah Gwe masih bisa ngikuti juga, meskipun dengan tertatih, namun IPK Gwe lumayan, masih di atas 3. Selanjutnya di Semester 3, mata kuliah hanya 1, yaitu Statistik. Sejauh ini sih masih tertangani, semoga hasilnya juga baik. Hanya saja Gwe keteteran di bidang proposal tesis. Dengan kesibukan kantoran, Gwe belum ada waktu untuk nyari materi/buku referensi. Malahan dari ide yang mau Gwe bikin kayaknya bakal diganti. Gwe kayaknya ga jadi bikin tesis soal silabus, soalnya kurikulum pendidikan maritim akan segera diubah, dan itu nggak akan selesai dalam satu dua bulan ke depan. Percuma dong kalau gwe bikin silabus, tapi masih pake kurikulum lama, yang artinya nanti malah nggak sinkron dengan kurikulum baru.

4.    Writing Story
Seperti sudah dibahas di postingan sebelumnya, tepat setahun yang lalu, ada satu naskah Gwe yang diterima oleh penerbit Diva Press. Naskah TeenLit yang semula berjudul: “Cewek Tangguh di Sekolah Elit” itu akhirnya terbit dengan judul “(masih) Menanti”. Secara urutan terbit tahun 2013, judul ini adalah yang kedua, sekitar bulan Juni 2013.

Urutan terbit pertama di Diva Press tahun 2013 atas karya Gwe ada pada judul UNYUversitas. Dulunya naskah ini pernah berjudul: Romantika Pengangguran, Jobless Voreva, dan Boedjang Lapoek Mentjari Tjinta. Diantara dua naskah yang terbit, buku inilah yang mendapat respon banyak dari masyarakat. Banyak feedback dari pembaca ke Gwe lewat social media seperti FaceBook dan Twitter. Naskah tersebut terbit Mei 2013.

Selain dua naskah di atas, ada satu lagi karya Gwe yang diterima Diva Press, yaitu penerbitan ulang dari naskah: Cewek-cewek Kos. Proses kontraknya pun paling cepat, yaitu hanya dalam 1 (satu) minggu naskah langsung di-review dan diterima. Alhamdulillah. Namun untuk penerbitannya ternyata butuh waktu. Gwe baru nerima bukti terbitnya sekitar akhir November 2013. Gwe coba cek ke Gunung Agung Mal Paragon ada di daftar tapi belum ada barangnya. Info dari bagian marketing penerbit memang belum didistribusi. Mudah-mudahan di bulan Desember 2013 ini udah ada di seluruh pelosok Indonesia. Sebagai catatan, naskah ini satu-satunya yang judulnya original dari Gwe, tidak dirubah oleh penerbit.

Kenyataan ini membuat Gwe cukup tersanjung dan pengin nulis fiksi lagi. Ada banyak ide namun belum ada yang selesai. Ada sih satu judul yang udah Gwe bikin kerangkanya, namun Gwe blum bisa konsentrasi ke situ dan kemungkinan konsep bakal Gwe bongkar lagi. Mudah-mudahan next year ada kesempatan untuk bikin.

Sebenarnya Gwe masih ada naskah jadi, namun belum ada penerbit yang tertarik. Salah satunya adalah sebuah novel anak fantasy yang  berjudul: Selestia dan Penjara Teka-teki. Tahun 2013 ini Gwe juga sudah selesai mengkonversi sebuah naskah cerita horror dari skenario film yang Gwe bikin beberapa tahun lalu menjadi sebuah novel, yang berjudul: Banaspati: Bakar Semua yang Terkutuk. Sama seperti Selestia, naskah ini juga belum ada yang menerbitkan. Selanjutnya, Gwe juga udah menyelesaikan scene plot atau kerangka novel untuk naskah: Cewek Karaoke. Namun kerangka ini belum sempat Gwe jabarkan menjadi novel. Masih terbuka bagi kerangka ini untuk diubah, dikurangi, maupun ditambahi ide lagi. Untuk judul, mungkin bakal Gwe rubah menjadi: Kimcil.

5.    Musical story
Ada dua bidang musik yang saat ini Gwe usahain untuk dikuasai, yaitu skill keyboard dan skill DJ. Di bidang keyboard, dengan fokus Gwe kuliah dan kerja, Gwe jadi jarang latihan. Jadi bisa dibilang skill Gwe agak kurang berkembang. Ada tapi ya tertatih gitu deh. Untuk latihan Keyboard Dasar 3 udah selesai, namun Gwe gagal ikut ujian tahun 2013, mudah-mudahan tahun 2014 bisa ikut dan lulus dengan nilai baik. Saat ini Gwe masuk ke tahap Pop Piano 1 atau Pop Piano dasar. Penggunaan jari tangan kiri lumayan mulai banyak/sering dipakai. Sinkronisasi tangan kiri – tangan kanan sangatlah penting.

Sesudah mengikuti kelas dasar DJ atau Club Mixing, tentunya Gwe ingin bisa lebih berkembang lagi. Maka di awal tahun 2013 Gwe ngambil salah satu kelas lanjutan, yaitu Remixing atau istilah lainnya Producing. Di kelas ini Gwe belajar untuk bikin lagu ala DJ. Gwe masih belajar di sekolah yang sama dengan tahun 2012 lalu, yaitu RED DJ Studio, namun yang ngajar beda. Kalau dulu koh Nino, kalau kelas ini yang ngajar namanya Julian. Dari Julian Gwe belajar lagu DJ dengan program computer/software: FL Studio. Sebelumnya Gwe sudah otodidak FL Studio, namun belum sepenuhnya menguasai. Dengan belajar di kelas Remixing ini Gwe jadi lebih berkembang, terutama dengan memahami konsep pembuatan lagu DJ.

Selanjutnya beberapa bulan kemudian, agar skill Club Mixing Gwe nggak ilang, maka Gwe ngambil paket latihan mandiri di RED DJ yang berlangsung sebulan lebih. Selaen itu tujuan Gwe agar masih bisa berkomunikasi dengan sekolah ini. Belakangan Gwe pantau lewat social media, teman-teman di studi aktif berkumpul dan mengikuti berbagai event. Sayangnya Gwe belum bisa meluangkan waktu untuk bisa kumpul bareng, mudah-mudahan ada kesempatan tahun depan. Terutama sesudah Gwe piawai membuat lagu digital khususnya lagu DJ. Sebagai catatan, di akhir tahun ini Gwe mulai berkenalan dan memantapkan hati untuk mempelajari DAW selain FL Studio yang juga sering dipakai DJ & Producer internasional, yaitu Ableton Live!

Oh ya, baru nyadar, Gwe ternyata belum ngerilis album digital tahun ini. FLS: 3rd BAsyiK & More mudah-mudahan bisa dikemas dan dipublikasikan Desember 2013 ini.

6.    YouTube Story
Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, Gwe masih aktif memantau perkembangan YouTube, donlot sejumlah video yang menurut Gwe penting, dan meng-upload video bikinan Gwe. Untuk tahun 2013 in Gwe fokus untuk lebih banyak meng-upload video yang ada hubungannya dengan musik, seperti preview lagu DJ karya Gwe atau tutorial musik. Untuk melengkapi perhatian Gwe ke YouTube pada khususnya atau Tontonan Video di internet pada umumnya, Gwe bikin blog khusus dengan alamat: tontonaninternet.blogspot.com

7.    Entrepreneurship Story
Sejak memutuskan alih tugas dari kotapraja ke ibukota provinsi Jawa Tengah, Gwe sudah merencanakan untuk bisa membuat usaha. Namun, Gwe belum secara pasti tahu apa usaha yang bisa disambi di rumah, di saat Gwe memiliki pekerjaan tetap di tempat laen yang lumayan jauh (sekitar sejam perjalanan lebih dikit). Awalnya mo nyoba bikin serial video YouTube, kerupuk atau makanan khas Kendal lain, hingga fotokopi dan warnet. Sempat ruangan rumah yang semula garasi pada jaman dulu, dibersihkan, disetting namun akhirnya ditawarkan ke orang untuk disewa. Satu yang tertarik adalah penjual gorden dengan kontrak setahun, tapi belum penuh, penyewa sudah pindah. Pada akhirnya Gwe memutuskan untuk membuat usaha cucian motor & mobil. Maka mulai pertengahan tahun 2013 ini infrastruktur mulai dibangun. Letaknya di lahan utara rumah yang semula ada kebon. Tempat sudah jadi 75%. Bahkan ditambahi bangunan rumah kayu yang dipindah dari kampong Bapak. Beliau yang menginginkan itu, Gwe setuju saja. Itung-itung sebagai tempat kenangan dan hiburan. Hanya saja sampai tulisan ini dibuat usaha itu belum jalan. Kendala satu adalah tentang alat cuci & uba rampainya sendiri yang belum Gwe beli. Sebenarnya itu bukan masalah utama, karena informasi tempat pembelian dan perlengkapannya sudah Gwe miliki. Masalah utamanya sebenarnya pada penyiapan tenaga kerja. Sampai sekarang Gwe belum pede kira-kira siapa yang bisa bantu Gwe. Tapi walau begitu usaha ini harus jalan. Mudah-mudahan akhir tahun ini bisa running.

8.    Love Story
Di cerita cinta, bisa dikatakan belum ada sesuatu yang benar-benar istimewa. Gwe sempat berkenalan dengan satu dua orang perempuan, mencoba memahami, dan membuka diri, namun belum ada yang bisa sinkron. Hanya saja dengan mencoba menjalin komunikasi dengan lawan jenis, Gwe rasa ada banyak hikmah, termasuk bagaimana memahami orang dan menilai karakter orang.

Resolusi 2014
Dalam hidup, kita harus berenergi dan memiliki cita-cita. Itu yang membedakan manusia dengan makhluk hidup bergerak lainnya. Berikut adalah sejumlah keinginan atau target, yang mudah-mudahan bisa Gwe raih di tahun 2014:
1.     Menyelesaikan Kuliah S2
Semakin fokus dan menguasai materi lingustik, khususnya terapan pengajaran Bahasa Inggris, dengan ditunjukkan lewat penulisan dan penyelesaian tesis
2.     Menjalankan usaha cuci motor & mobil.
3.     Memantapkan skill keyboard.
4.    Memantapkan skill musik digital dengan berlatih DJ, mempelajari program musik komputer: Ableton Live! atau dan bisa dikombinasikan juga dengan FL Studio; Rilis album lagu/musik digital: Digital 4th: New Musical Order; Lebih banyak bergaul dengan komunitas musik, khususnya digital & DJ, serta memasarkan diri dan mulai perform.
5.     Mulai Bikin Video Youtube Lagi.
Khususnya yang berkaitan dengan Musik, DJ, English Learning, dll.
6.  Mulai nulis fiksi lagi, khususnya di tema realis, namun tentu saja ada yang fantasy/supranatural. Judul-judul sementaranya adalah: Cewek-2-Kos, Kimcil, dan Akademi Alkemis jilid 1.
7.      Memantapkan leadership dan pemahaman soal IT serta Kehumasan
Sesuai dengan bidang kerja sekarang. Bikin program ke depan untuk lebih mantap di bidang ini bersama dengan rekan kerja.
8.      Finding a Girl to be Married.
9.      Punya Tablet PC + Docking Keyboard, Kamera DSLR, & City Car.
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.