Wednesday, July 4, 2012

Memperkenalkan Tentang VEVO dan Channel VEVO di YouTube

Vevo, yang juga ditulis VEVO, adalah sebuah website video musik kolaborasi sejumlah perusahaan musik dunia, diantaranya adalah: Sony Music Entertainment, Universal Music Group, dan Abu Dhabi Media, bersama EMI yang melisensi kontennya ke grup ini tanpa mengambil saham kepemilikan. Secara resmi, layanan ini diluncurkan pada 8 Desember 2009. Video musik di VEVO disindikasikan di website resminya dan di YouTube, dengan pendapatan iklan yang dibagi antara Google dan VEVO.



VEVO menyediakan berbagai video musik dari tiga dari 'empat besar' label rekaman dunia, yaitu Universal Music Group, Sony Music Entertainment, dan EMI. Pada awalnya, Warner Music Group sempat mempertimbangkan untuk menyediakan kontennya di VEVO, namun malah membentuk aliansi saingan bersama MTV Networks. Hingga tulisan ini dibuat, terdapat sekitar 50.000 video di VEVO.

Di YouTube, VEVO memberikan akun khusus pada seorang artis atau band tertentu dan menghubungkannya dengan nama artis/band tersebut, seperti LadyGagaVEVO, BoyceAvenueVEVO, dan lain-lain. Selain itu, kualitas video musik dari akun VEVO biasanya baik, dalam arti menyediakan kualitas hingga resolusi HD (High Definition) 720p atau bahkan 1080p.


Perkembangan VEVO
Konsep dari VEVO digambarkan sebagai Hulu bagi video musik, dengan tujuan untuk dapat lebih menarik perhatian para pemasang iklan utama.  Dengan ini, VEVO melakukan sensor pada sejumlah video-nya untuk dapat lebih diterima rekanan pemasang iklan seperti McDonald's. Sumber penghasilan lain dari website ini adalah toko merchandise dan referensi alamat website dari lagu yang ditampilkan di Amazon MP3 and iTunes. Pada awalnya, Universal mendapatkan alamat internet vevo.com pada 20 November 2008. Lalu Sony Music Entertainment setuju untuk menampilkan kontennya di VEVO pada Juni 2009. Kemudian, website yang hadir perdana pada 8 December 2009 ini, langsung pada bulan yang sama menduduki peringkat pertama dari website musik di Amerika Serikat, mengalahkan MySpace Music.

Ketersediaan Layanan VEVO
Website vevo.com saat ini tersedia hanya untuk dapat ditampilkan di Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya (UK), Irlandia, Australia dan Selandia Baru. Sebenarnya website ini dijadwalkan untuk menyeluruh dunia pada tahun 2010, namun hingga Juni 2012 ini, VEVO belum tersedia untuk negara di luar daftar tadi, termasuk Indonesia. Sementara itu, sejumlah video VEVO yang di-upload di YouTube dapat ditampilkan di beberapa negara. Beberapa diataranya dapat ditampilkan oleh pengguna di Indonesia. Untuk video yang tidak dapat ditampilkan, akan muncul pesan: "This video contains content from Vevo, who has blocked it in your country on copyright grounds." Yang artinya video tersebut tidak dapat ditampilkan di negara anda karena permasalahan hak cipta. Layanan VEVO di UK (Inggris Raya) dan Republik Irlandia diluncurkan pada 26 april, 2012. Sementara untuk Australia dan Selandia Baru, layanan VEVO diluncurkan pada 16 April 2012, melalui MCM Entertainment. Diharapkan juga, layanan VEVO akan diluncurkan untuk enam negara Eropa dan negara Amerika Latin pada tahun 2012.

Selain melalui koneksi internet untuk desktop computer, layanan Vevo juga tersedia untuk berbagai peralatan, termasuk iPhone, Android, Google TV, Boxee dan Xbox 360.

Kebijakan Untuk Video Dengan Isi yang Bersifat Vulgar
Video VEVO yang mengandung isi yang bersifat vulgar, seperti adanya kata-kata yang tidak senonoh dapat di-edit. Salah seorang juru bicara VEVO menyatakan bahwa “Tujuan penyensoran adalah untuk menjaga semua hal bersih sesuai standar penyiaran, cocok dengan versi MTV.” Akibat kebijakan ini adalah VEVO bisa memperluas mitra jaringan pemasang iklan, seperti McDonald. VEVO menyatakan bahwa perusahaan ini tidak memiliki kebijakan khsusus atau daftar kata-kata yang dilarang. Beberapa video dimungkinkan memiliki versi vulgar, sebagai tambahan dari versi yang disensor. Tidak ada sistem rating resmi, yang dapat membedakan video, yang mengandung isi vulgar atau tidak vulgar, namun ada pembahasan mengenai sistem rating yang memungkinkan pengguna dan pemasang iklan untuk memilih tingkat adanya kata-kata kasar yang dapat diterima.

Halaman: “Coming Soon”
Apabila sebuah video musik tidak bisa ditampilkan atau belum diperkenankan untuk dapat dilihat oleh penonton di Negara tertentu, seperti Indonesia, sebuah halaman “Coming Soon” akan ditampilkan, dengan tulisan: "Sorry! The page you are looking for is not available in your region. VEVO is working hard to make sure all of our videos are available worldwide. In the meantime, watch and enjoy your favorite videos through VEVO on YouTube", yang artinya website VEVO belum diperkenankan untuk dapat dilihat di negara anda, jadi untuk sementara waktu anda dapat menyaksikan video musik yang disediakan oleh VEVO di YouTube.

Channel VEVO untuk artis Indonesia
Sampai saat ini Gwe belum bisa mastiin siapa artis Indonesia yang masuk ke dalam VEVO, karena setiap orang bisa saja membuat akun YouTube dengan embel-embel kata VEVO di belakang nama artis/band-nya. Sembarang orang bisa saja meng-upload video musik di YouTube, tapi bedanya dengan akun resmi yang dibuatkan VEVO di YouTube adalah adanya banner khusus VEVO di bagian bawah player YouTube yang biasanya menampikan informasi/iklan video VEVO baru. Asli tidaknya akun itu dari VEVO atau tidak bisa dilihat dari situ.

Kalo memang nantinya ada VEVO untuk artis Indonesia, Gwe prediksikan, orang yang tidak berhak mengupload video music dari artis/band tertentu yang kebetulan hak siarnya dipegang oleh VEVO, video-nya akan kena flagged alias di-banned oleh YouTube.

Gwe juga menemukan adanya alamat FaceBook VEVO Indonesia (http://www.facebook.com/VEVO.Indonesia) di situ tertulis coming soon VEVO Indonesia. Belum dapat dipastikan apakah alamat tersebut resmi dari VEVO atau sekedar Fan Page. Update berita tentang VEVO ada, namun belum begitu rutin.

Tulisan ini disarikan dan dikembangkan dari: Wikipedia.org dan berbagai sumber lain di internet

2 comments:

  1. Selain VEVO ada gak channel di youtube yg nyediain Music Video ??

    ReplyDelete
  2. ada banyak,
    Kalau di Indonesia seperti punyanya Sony Music, Nagaswara, Aprilio Kingdom, dll

    ReplyDelete

2 komentar:

Hariyanto said...

Selain VEVO ada gak channel di youtube yg nyediain Music Video ??

Yozar F. Amrullah said...

ada banyak,
Kalau di Indonesia seperti punyanya Sony Music, Nagaswara, Aprilio Kingdom, dll

Post a Comment