Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Thursday, February 9, 2012

Masalah Sustain di Pro Tools

“Musical Autodidact Series” Part 4

Ternyata Pro Tools M-Powered 8.0.3 memiliki bug/atau masalah program. Yang nemuin bukan Gwe, tapi guru musik IT Gwe. Masalahnya pada efek Sustain. Buat yang belum tahu, sustain itu efek untuk memperpanjang suatu bunyi. Biasanya untuk piano sudah ada suatu alat, yaitu pedal sustain untuk menjalankan fungsi tersebut, tapi kalau untuk keyboard pedal sustain biasanya dibeli terpisah, dan baru disambungkan ke keyboard kalau mau dipakai.

Begini masalahnya: Begitu pedal sustain diinjak, bunyi instrument yang dimainkan dengan keyboard controller seharusnya jadi lebih panjang. Di Pro Tools M-Powered 8.0.3 saat kita bermain secara live, efek Sustain ini dapat berfungsi dengan baik, namun hal itu tidak terjadi saat mode perekaman. Saat kita dalam proses merekam, permainan dengan efek sustain memang terdengar, tapi begitu hasil rekamannya kita playback/mainkan, efek itu tiba-tiba hilang. Harusnya kan nggak boleh begitu. Nuansa lagu/musik yang kita mau jadi nggak seperti yang diharapkan. Untuk diketahui, instrument M-Audio yang terkoneksi dengan komputer adalah Keyboard Controller, dan sistem operasi yang digunakan Windows XP.

Gwe coba browsing di internet untuk nyari solusinya, belum juga ketemu. Masalah seperti ini, rupanya juga ditemukan para pengguna program serupa di berbagai belahan dunia. Bahkan dalam diskusi di forum resmi perusahaan pembuat program Pro Tools, yaitu Avid, belum ada tanggapan berarti. Mereka berjanji akan mencoba mengirimkan teknisi untuk memeriksa masalah itu di komputer/laptop kita. Tapi kan nggak mungkin ngundang tukang servis dari Amerika buat datang di Indonesia ini. Ongkos pesawatnya aja udah berapa. Belum kita beliin rokok dan makan di warteg buat dia selama masalah sustain di komputer/laptop kita belum selesai.

Nah, guru IT Gwe nyoba cara ini untuk jadi solusinya: Sebelum komputer/laptop dihidupkan, pastikan keyboard M-Audio tidak terkoneksi, cabut kabel USB nya. Cabut juga kabel pedal sustain ke keyboard. Setelah sistem komputer/Windows siap, baru sambungkan alat-alat itu kembali dan hidupkan keyboard, trus jalankan program Pro Tools. Kata guru Gwe sih, sesudah itu kadang fungsi sustain udah bisa direkam, tapi kadang juga nggak. Ya, sementara kalau kalian mengalami masalah serupa, silakan coba aja cara ini. Atau kalau para pembaca sekalian ada saran lain untuk solusi, bisa share/bagi ke Gwe. Mudah-mudahan masalah seperti ini nggak lagi terjadi di Pro Tools versi selanjutnya. Sayangnya Gwe belom berkesempatan untuk nyoba Pro Tools versi 9 yang udah ada saat ini atau Bahkan Pro Tools terbaru, yaitu versi 10.

Oh ya, cara ini juga bisa dicoba, kalau nggak salah Technical Support dari Avid menyarankan apabila ada masalah instrumen, pengguna diminta untuk mengupdate driver instrumen keyboard controller kita dengan yang lebih baru. Misalkan Keyboard Controller anda adalah Axiom dari M-Audio, kunjungi website resmi M-Audio, donlot driver terbaru dan instal ke komputer Anda. Avid berharap ini bisa menjadi solusi masalah efek sustain pedal.
Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.