Super Hero, Fantasi, Dongeng, Kisah, Mistik, Horor, Imajinasi, dan Kreasi Tanpa Batas

Blogroll

Wednesday, September 17, 2014

Hal-hal yang Perlu Kamu Hindari Saat NgeKos / Tinggal di Asrama

Keputusan untuk sekolah, kuliah atau kerja di tempat yang jaraknya jauh dari daerah asal yang antah-berantah, mau nggak mau ngeharusin kamu untuk ngekos atau tinggal di asrama. Kecuali kamu anaknya tukang minyak jelantah, jadi dengan mudah dibeliin rumah. Ada yang nge-kos di tempat yang murah meriah, namun ada juga yang milih nyari kos yang megah mewah.
-->
Apapun pilihan kamu, ada kesamaannya, yaitu di tempat kos berarti kamu harus hidup bareng orang laen. Orang yang sebelumnya kamu belum pernah ketemu, gimana sifatnya, gimana kebiasaannya, sehingga mau nggak mau ada hal-hal yang harus dikompromikan. Terlebih lagi bila duitmu rada cekak, jadi harus nge-kos sekamar berdua, bertiga, atau lebih dari itu. Berikut adalah sejumlah kebiasaan buruk untuk kamu hindari biar sukses diterima dalam pergaulan penghuni kos:

1. Makan Pete / Jengkol
Oke, kamu doyan makan pete atau jengkol. Bahkan itu adalah hidangan favorit yang bisa bikin kamu merem melek kenikmatan. Tapi kalo kamu tinggal sama orang lain, dan berbagi kamar mandi, tahan diri deh untuk nggak makan pete / jengkol. Karena kalau pipis, tentu saja baunya akan menebarkan aroma yang bisa bikin pingsan tikus werog sekalipun.
 

2. Ngompol
Untuk beberapa orang, menahan pipis di saat tidur susah untuk dilakukan. Apalagi kalau kamu tidurnya kebo. Jadi ada bagusnya kamu pake pampers sebelum tidur. Jangan sampai temen sekamarmu menggelinjang kaget mendapati kasur yang basah, seperti habis mimpi indah.
 

3. Mendengkur
Ga hanya cowok, cewek pun ada yang tidurnya mendengkur. Bisa gak bayangin perasaan temen sekamarmu yang selalu begadang tiap malam tiada gunanya, gegara suara dengkuranmu yang maha dahsyat. Ada beberapa alternatif biar tidurmu nggak mendengkur. Kamu bisa coba tidur miring, memplester mulut, atau tidur pake helm.
 

4. Menyanyi
Kamu harus tahu diri bahwa tidak semua orang dikaruniai suara yang indah. Kalau di rumah terbiasa teriak-teriak nggak jelas di sembarang tempat dan menganggap itu menyanyi, maka saat nge-kos kamu hanya boleh menyanyi di kamar mandi saja. Karena di sana satu-satunya tempat dengan efek gema / reverb yang bisa memanipulasi suaramu sehingga terdengar merdu. Itu pun sebaiknya dengan volume yang rendah.
 

5. Sakit
Anak kos dilarang sakit. Apalagi kalau kamu miskin. Karena kalau sakit kamu bisa ngerepotin penghuni kos yang laen. Nggak mungkin kan kamu maksa mereka untuk nyuapin makan, ngedongengin menjelang tidur atau bahkan mandiin. Kamu kan sudah bukan bayi.
 

6. Dugem
Meskipun nge-kos itu jauh dari pengawasan orang tua, tapi bukan berarti kamu bisa dugem tiap malem. Karena selaen ngabisin duit, dijamin kamu bakal ngantuk keesokan paginya, sehingga males kuliah. Kalau kamu orangnya susah tidur, atau punya insomnia carilah kegiatan laen yang lebih positif dan mendapatkan hasil ekonomi, semisal jadi satpam atau penjaga kamar mayat.
 

7. Egois
Jadi orang jangan egois, alias seenak udel sendiri. Meskipun belum jelas juga udel itu enak apa enggak. Cobalah memahami dan menghargai orang lain. Ada kalanya kamu perlu ngalah. Misalnya adalah saat kalian pengin nonton tivi. Yang satu pengin nonton sinetron lebai, yang laennya pengin nonton dunia dalam berita. Pilihlah tontonan yang paling memberi manfaat, seperti misalnya iklan obat panu. Yang pasti, selalu ingatlah, kalian hidup bersama di perantauan, bukan di hutan.

Cukup sekian tips dari saya, semoga bermanfaat . Mudah-mudahan kamu nggak mengalami culture shock dengan dunia kos. Smell ya later!


Thursday, 11 September 2014 [14:56]

Share:

0 comments:

Post a Comment

ASUS ROG Strix G dan ROG Strix Scar, Laptop Handal untuk Game Enthusiast

Kokoh, namun tetap stylish, begitu impresi saya begitu melihat tampilan luar dari laptop ROG Strix G 16 dan ROG Strix Scar 18 . Kedua laptop...

Labels

Blog Archive

Blogger templates

Udah pernah diliat

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Support Blogger Perempuan

Text

Profil

My photo
Halo Dunia, Salam kenal, saya Yozar. Penulis novel dan artikel ilmiah yang masih terus belajar. Kadang-kadang juga ngeblog. Selamat datang di realitas saya.