Sunday, February 16, 2014

Dapat Surat Dari Google AdSense


Akhirnya surat dari Google AdSense nyampe juga ke tangan Gwe di minggu pertama Februari 2014, setelah bergabung kurang lebih dua tahun dengan program ini. Itu artinya iklan Google yang terpasang di postingan Blog maupun video YouTube Gwe sudah mencapai angka 10 dollar. Dan sesuai aturan program tersebut, nilai segitu belum bisa dicairin jadi duit. Setidaknya penghasilan iklan AdSense Gwe harus mencapi 100 dollar dulu. Berapa bulan atau taun lagi ye? Hehe.. Gwe harus lebih rajin lagi bikin tulisan di blog ama video di YouTube nih.

Soal Google AdSense ini sebenernya udah cukup lama ada di dunia maupun support-nya ke Indonesia. Tadinya sih Gwe kurang tertarik untuk nyoba nyari duit tambahan model begini. Kayaknya lama dan ribet gitu, meskipun konon kabarnya ada orang yang hidupnya bisa dari Google AdSense ini. Namun saat kuliah S2, tepatnya di tahun 2012, Gwe ketemu ama junior Gwe saat S1 sebut saja Mr. L. Katanya dalam sebulan dia bisa dapet sejumlah uang yang kira-kira lebih dari sebulan gaji Gwe ngantor. Nilainya naik turun tergantung dari traffic pengunjung websitenya dan click iklan di sana. Wah boleh juga nih, Gwe jadi kepincut.

Tadinya Gwe pesimis dengan program AdSense untuk blog karena Gwe pikir sekarang ini udah banyak banget orang yang bikin blog. Ratusan atau bahkan ribuan. Jadi peluang blog baru yang kita bikin bakal dikunjungi orang, rasanya kok mustahil bin mustahal. Gwe mundur sebelum maju, males ikutan program AdSense, meskipun untuk nge-Blog Gwe sebenarnya hobi. Ya buat nulis pengalaman pribadi ala diary gitu aja. Gak kepikiran untuk biar bisa dapet duit. Gwe tertariknya ama YouTube monetisation. Soal program ini udah pernah Gwe tulis di blog. Tadinya Gwe pikir bikin video lebih dikit saingannya, namun ternyata lebih susah prosesnya. Intinya monetisasi video YouTube sama sih, ikut iklan AdSense juga. Bedanya kalau di YouTube iklannya kayak video intro, atau link yang nempel di atas video gitu. Nah kalau yang di blog, iklannya nempel di dalem tulisan, dan bisa juga dipasang di header blog. So, iseng-iseng berhadiah lah Gwe ikut aja monetasasi YouTube sejak program ini diluncurkan sekitar tahun 2012, yang mensyaratkan untuk daftar di Google AdSense dulu. Dan beberapa waktu kemudian, karena tahu AdSense ini bisa juga dipasang selain di YouTube juga di blog, dan boleh lebih dari satu, sekalian aja lah Gwe pasang di blog-blog Gwe. Dan setelah bertahun-tahun nge-blog dan nge-vlog, akhirnya  Gwe dapet juga seupil peluang untuk dapet duit dari Google AdSense. Emang sih, Gwe kurang rajin update. Intinya kalau mau cepet dapet ya harus sering bikin video atau blog. Tapi ga boleh curang juga dengan plagiat tulisan atau nyomot video orang. Google gak suka orang yang curang, malah akun AdSense kita bisa dicabut kalau ketahuan. So, kalau elo pade pengin dapet dari duit dari Google AdSense, bikinlah blog dan video yang original, yang isinya menarik buat orang-orang. Promosiin kemane aja biar traffic pengunjung dan kemungkinan di-click iklannya tinggi.

1 comment:

1 komentar:

Firsty Ukhti Molyndi said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment